Pariwara
Metro Kendari

Sanksi untuk 22 ASN Malas, Tiga Dipecat, 19 Turun Pangkat

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 22 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra tak kehilangan muka di hadapan ribuan peserta upacara HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Senin (4/12). Sanksi terhadap mereka urung diumumkan karena upacara Korpri dirangkaikan dengan peringatan hari Hari Bakti PU ke-72.

Sekretaris Provinsi Sultra Lukman Abunawas mengatakan atas kesepakatan bersama pengumuman itu tidak dilakukan. Sebab dalam upacara Senin (4/12) ada penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba menyambut hari besar intansi ke-PU-an itu. “Karena ada peringatan amal bakti yang digabung juga hari ini. Jadi kurang bagus kalau diumumkan disini,” ujar Lukman Abunawas.

Meski tak diumumkan di hari Korpri seperti di tahun-tahun sebelumnya, sanksi itu tetap diberlakukan. 22 abdi negara itu akan diberikan hasil keputusan sidang tim pembina ASN dalam bentuk surat keputusan. “Sanksinya tetap, 22 orang itu kita kasih surat. Yang saya ingat 3 orang yang diberhentikan tidak hormat (dipecat). Salah satunya pegawai di Kesbangpol. Tiga tahun jarang masuk kantor dengan alasan sakit, ternyata itu bohong. Ada juga yang penuturan pangkat, penundaan kenaikan pangkat,” sebut Lukman Abunawas.

Mantan Bupati Konawe dua peridoe itu menambahkan pemberian sanksi terhadap 22 ASN malas itu telah sesuai dengan poin-poin peraturan pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS. “Kita pernah di perkarakan ke pengadilan karena memecat PNS, tapi kita menang. Jadi kalau ada yang mau seperti itu lagi kita siap, karena administrasi kita lengkap. Termasuk ada surat teguran beberapa kali tapi tidak ada perbaikan,” tambahnya.

Ketua KONI Sultra ini berharap pemberian sanksi terhadap ASN malas dari tahun ke tahun menjadi warning bagi yang lainnya. Sebab, aturan kedisiplinan PNS saat ini semakin ketat. Mulai dari absensi hingga evaluasi capaian kinerja. “Bukan hanya yang malas yang dikasih sanksi, yang rajin pun tetap diapresiasi dengan kenaikan pangkat,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top