Pekan Ini, Dana BOS Tahap IV Cair di Buton – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Pekan Ini, Dana BOS Tahap IV Cair di Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Buton segera terealisasi. Dari empat tahap proses pencairan, hingga kini sudah sampai pencairan tahap III, meskipun terbilang terlambat dari jadwal semula, Agustus lalu. Rencananya, untuk pencairan tahap IV baru akan dilakukan pekan ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Buton, La Ode Fasikin memastikan hal tersebut. Ia menjelaskan, dana BOS tahap III sudah ditransfer ke rekening masing-masing sekolah. Jumlahnya sebesar 20 persen dari total dana BOS. “Untuk tingkat SD mencapai Rp 2,628 miliar sedangkan SMP sebanyak Rp 1,341 miliar. Sudah ditransfer semua,” jelasnya, senin (4/12).

Menurut Fasikin, jumlah penerima dana BOS SD sebanyak 119 sekolah dengan jumlah siswa 16.425 orang. Untuk SMP terdapat 49 sekolah dengan jumlah siswa sekitar 6.700 orang. “Hitungannya untuk pelajar tingkat SD menerima dana BOS sebesar Rp 800 ribu permurid, sedangkan pelajar tingkat SMP sebesar Rp 1 juta tiap pelajar,” terang La Ode Fasikin.

Ia mengaku, besaran dana BOS triwulan III lebih sedikit dibandingkan triwulan II yakni untuk SD sebesar Rp. 5.235.800.000 dan SMP Rp 2.682.000.000. Itu karena pencairannya bervariasi dalam setiap tahap, yakni 20 persen tahap I, 40 persen tahap II dan 20 tahap III. “Nanti tahap IV, jumlahnya sama dengan tahap III, yakni 20 persen lagi,” paparnya.

Fasikin menguraikan kewenangan kepala sekolah dalam mengelola dana BOS diatur sesuai undang-undang. Ada 13 item dalam penggunaan dana BOS. Diantaranya untuk penerimaan siswa baru, ujian nasional hingga honor guru pegawai tidak tetap, perawatan ringan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan proses pembelajaran lainnya. “Kalau untuk pembangunan gedung baru tidak bisa,” tegasnya.

Setelah mengelola dana BOS, kepala sekolah wajib menyampaikan laporan/surat pertanggungjawaban (SPj), baik melalui laporan manual dan online. “SPj tiap triwulan dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten, Provinsi dan Pusat,” tandasnya. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top