Jumlah Dapil Kolaka Berkurang – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Jumlah Dapil Kolaka Berkurang

Abd Rauf

KENDARIPOS.CO.ID — Terbentuknya Kolaka Timur (Koltim) menjadi daerah otonomi baru (DOB) menyebabkan jumlah daerah pemilihan (dapil) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 di wilayah otorita Ahmad Safei itu akan berkurang. Bila pada Pileg 2014 lalu, jumlah Dapil di Bumi Mekongga sebanyak lima dapil. Pada Pemilu 2019 mendatang, jumlahnya tersisa empat dapil.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka, Abdul Rauf menjelaskan, berkurangnya dapil di Kolaka saat pileg 2019 mendatang disebabkan oleh mekarnya Koltim. Meskipun demikian kata dia, jumlah kursi di DPRD Kolaka nantinya akan tetap berjumlah 30 kursi.

Setiap dapil kata Rauf, nantinya akan terdiri dari dua hingga empat kecamatan dengan jumlah kursi yang diperebutkan berbeda. Jumlah kursinya perdapil tergantung dari banyaknya daftar pemilih tetap di setiap dapil.

“Dapil I meliputi tiga kecamatan yaitu Iwoimendaa, wolo, dan Samaturu mendapat jatah tujuh kursi. Dapil II yang meliputi Kecamatan Kolaka dan Latambaga mendapat jatah sembilan kursi. Dapil III yang meliputi Kecamatan Wundulako, Baula, Pomalaa mendapat jatah delapan kursi. Sedangkan Kecamatan Tangeketada, Watubangga, dan Polinggona yang masuk dalam dapil IV mendapat jatah enam kursi. Tapi ini masih sebatas usulan ke KPU Pusat,” jelasnya.

Rauf menuturkan, meskipun usulan tersebut masih menunggu keputusan dari KPU RI. Namun demikian, pembagian dapil tersebut sudah hampir pasti. “Ini hasil rapat representatif. Jadi kemungkinan besar usulan tersebut disetujui,” ujarnya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top