APBD Buton Diproyeksi Meningkat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

APBD Buton Diproyeksi Meningkat

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di Kabupaten Buton diproyeksi meningkat pada tahun 2018 nanti. Dalam dokumen rancangan APBD tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) membukukan pendapatan dan belanja sebesar Rp 805 miliar. Jumlah itu sedikit lebih banyak dibanding APBD reguler 2017 yang hanya Rp 756 miliar.

Peningkatan tersebut akibat bertambahnya dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 196 miliar, lebih banyak Rp 40 miliar dibanding reguler 2017. Selain itu, APBD 2018 juga mencatat DAU sebesar Rp 424 miliar, dana insentif daerah sebesar Rp 36,5 miliar dan dana desa sebanyak Rp 63 miliar. Kemudian, Buton juga mendapat dana bagi hasil pajak dan sumber daya alam sebesar Rp 12,9 miliar. “Sebelumnya kami prediksi malah menurun, ternyata DAK bertambah. Alhamdulillah, APBD bisa meningkat, meski tidak signifikan,” urai Amal, Kepala Bidang Anggaran pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Buton, Senin (4/12).

Rancangan APBD Buton tersebut, lanjutnya, kini tengah dievaluasi pemerintah provinsi. Jika tidak ada aral, tanggal 12 Desember nanti sudah dapat diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton untuk dibahas dalam sidang paripurna. “Jangka waktunya 12 hari sejak diserahkan ke provinsi, harus sudah tuntas dievaluasi. Rencananya minggu depan bisa diajukan ke dewan,” katanya.

Direncanakan, APBD 2018 sudah dapat ditetapkan paling tidak pada minggu ketiga Desember. Setelah itu akan dilakukan proses pembuatan daftar pagu anggaran (DPA) dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Mudah-mudahan Februari sudah bisa pencairan,” jelas Amal.

Sebelumnya, Plt. Bupati Buton, La Bakry menjelaskan jika pembahasan APBD 2018 diupayakan tuntas secepatnya. Itu untuk menggenjot akselerasi pembangunan di otorita penghasil aspal tersebut. Secara umum, ia memberikan gambaran jika fokus pembangunan akan diarahkan pada penataan infrastruktur wilayah ibu kota di Pasarwajo. Selain itu ada pula pengembangan pariwisata. “Sektor lain juga tetap diperhatikan. Kami ingin APBD cepat ditetapkan supaya bisa langsung bergerak ke lapangan,” imbuh tandem Umar Samiun tersebut. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top