KPU Buton Godok Tiga Opsi Penentuan Dapil – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

KPU Buton Godok Tiga Opsi Penentuan Dapil

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton mulai menggodok format daerah pemilihan (Dapil) untuk menyambut pemilihan legislatif 2019 mendatang. Penataan ulang itu buntut dari mekarnya wilayah Kabupaten Buton menjadi 3 daerah otonomi baru (DOB) yakni, Buton induk, Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel). Saat ini, Buton tersisa 7 Kecamatan dengan 25 kursi legislatif, dari sebelumnya 35 kursi dari 5 Dapil pada 21 Kecamatan.

KPU Buton menawarkan tiga opsi untuk penataan Dapil baru. Opsi pertama, yakni Dapil satu adalah Kecamatan Wabula, Wolowa, dan Pasarwajo. Dapil dua, Kecamatan Siotapina dan Lasalimu Selatan. Dapil tiga, Kecamatan Lasalimu dan Kapontori. Sedangkan untuk opsi kedua yaitu, dapil satu adalah Kecamatan Wabula dan Pasarwajo. Dapil dua, Kecamatan Wolowa, Siotapina, dan Lasalimu Selatan. Dapil tiga, Kecamatan Lasalimu dan Kapontori.

Untuk opsi ketiga yaitu dapil satu adalah Kecamatan Pasarwajo. Dapil dua, Kecamatan Wabula, Wolowa, Siotapina, dan Lasalimu Selatan. Dapil tiga, Kecamatan Lasalimu dan Kapontori.

Koordinator Divisi Teknis KPUD Buton, Bahrudin La Puka menjelaskan penataan dapil itu tidak terkait dengan pemilihan gubernur, melainkan hanya untuk keperluan pemilihan anggota legislatif pada 2019 yang akan datang. “Perubahan Dapil itu khusus anggota DPR RI dan provinsi itu sudah menjadi lampiran di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, sedangkan yang ditata itu hanya untuk kabupaten/ kota,” ujarnya akhir pekan lalu.

Ketiga opsi tersebut sudah disosialisasikan kepada partai politik, tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan (OKP). “Di Buton, opsi penataan itu sudah sosialisasikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam penataan dapil, pihaknya berpatokan pada tujuh prinsip diantaranya kesetaraan nilai suara, ketaatan sistim pemilu yang proporsional, integralitas wilayah, berada dalam wilayah cakupan yang sama, dan kesinambungan.

Lebih jauh, untuk tahapan penentuan dapil sebenarnya baru akan dimulai pada tanggal 17 Desember nanti. KPUD akan menerima DAK2 (Data Agregat Kependudukan) yang oleh pemerintah daerah Kabupaten Buton disampaikan dulu ke Kemendagri untuk kemudian diteruskan ke KPU RI. “Baru setelah itu dilakukan penentuan dapil pada 5 Januari hingga 11 Januari 2018 mendatang. Nanti tanggal 12 Januari 2018 baru akan diusulkan ke KPU RI untuk ditetapkan,” pungkasnya. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top