Pariwara
Metro Kendari

IBI Sultra Komitmen Tekan Kematian Ibu dan Anak

Angka kematian ibu dan anak dapat ditekan dengan mengatur jarak kelahiran. Kesadaran penggunaan alat kontrasepsi harus ditingkatkan. Untuk itu, IBI Sultra dan BKKBN Sultra bersama-sama menggelar pelayanan gratis KB di Kelurahan Tondonggeu. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sultra berkomitmen menekan angka kematian ibu dan anak dalam proses kelahiran. Salah satu bentuk komitmen itu, IBI Sultra menggelar pelayanan KB gratis. Layanan gratis itu sebagai bentuk persembahan IBI Sultra dalam memperingatan hari jadinya yang ke-66 tahun 2017. Kaum ibu di Kelurahan Tononggeu, Abeli berbondong-bondong menghadiri layanan KB gratis, Sabtu (2/12).

“Salah satu cara menekan angka kematian ibu dan anak itu adalah dengan mengatur jarak kelahiran. Caranya itu dengan menggunakan KB, hanya masyarakat ini banyak yang belum paham juga, jadi kita datangi sambil bersosialisasi dan memberikan pelayanan secara langsung,” ujar Ketua IBI Sultra, Hj. Janita, akhir pekan lalu.

Ketua IBI dua periode itu menambahkan angka kelahiran di Sultra memang cukup tinggi. Sebab masih banyak masyarakat yang tak acuh akan manfaat KB itu. Kalau pun ada selalu mengandalkan KB jenis pil yang sifatnya jangka pendek. “Padahal kalau jangka panjang memang kalau bicara mengurangi angka kematian ibu dan anak tadi pasti akan efektif. Tapi lagi-lagi ini kembali ke masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, wanita berhijab ini menuturkan peran IBI di Sultra terus dimaksimalkan. Dengan jumlah anggota 3.000 lebih, memang seharusnya sudah bisa memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat. Ditambah lagi dengan alumni sembilan institusi pendidikan kesehatan yang menelorkan rata-rata 100 calon bidan per tahun. “Masih ada 10 ribuan calon bidan. Mereka tidak langsung mendapat lapangan pekerjaan sehingga masih enggan bergabung dengan IBI. Tapi soal tanggung jawab dilapangan kami selalu berusaha maksimal,” imbuh Hj.Janita.

Dalam layanan KB gratis itu, IBI Sultra menggandeng BKKBN Sultra mendekati masyarakat untuk menawarkan layanan KB secara langsung. 30 bidan dilibatkan dalam kegiatan itu. Selain layanan KB gratis, ada juga bakti sosial ke panti-panti dan kegiatan lomba sesama penggiat kesehatan. (ely/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top