BPS dan Pemkab Konsel Sepakat Sinkronkan Data – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

BPS dan Pemkab Konsel Sepakat Sinkronkan Data

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Suasana FGD BPS bersama Pemkab Konsel dalam rangka sinkronisasi data.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mewujudkan data sektoral yang berkualitas di Konawe Selatan (Konsel), pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) menggelar focus group discussion (FGD).

Wakil Bupati Konsel Dr. H. Arsalim Arifin, mengapresiasi gelaran forum diskusi itu. “Ini akan menyamakan data dalam satu aplikasi dengan angka terukur. Tentunya ini sangat membantu Pemkab dalam mengambil suatu kebijakan, perencanaan pembangunan demi terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” apresiasinya, minggu (3/12).

Arsalim pun tak memungkiri jika selama ini data yang ada masih tidak sesuai. Data antara pihak kementerian, BPS dan Pemkab sering kali terjadi perbedaan. “Contohnya disegmen pertumbuhan ekonomi dan angka kemiskinan kerap kali terjadi perbedaan jauh. Sehingga ketika ada bantuan dari pusat kita masih kekurangan, akibat tidak sinkronnya nilai dan jumlah data tersebut,” kata Arsalim.

Mewakili pimpinan daerah, ia mendukung penuh pembentukan forum data agar lebih relevan dan lebih akurat. Diakhir tahun 2017 ini Pemkab Konsel akan membentuk forum satu data yang anggotanya para ahli, gabungan instansi Pemkab Konsel dan dioperasikan melalui aplikasi berbasis website.

Apalagi pembuatan aplikasi tersebut sudah dianggarkan dan menjadi domain Bagian Pengolahan Data Eletronik (PDE). “Saya minta gabungan instansi anggota forum data dipimpin Balitbang dan bertanggung jawab penuh agar lebih fokus. Minggu depan semua anggotanya sudah harus di-SK-kan,” tegasnya.

Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto, M.Si mengatakan, tujuan forum diskusi tersebut adalah menyatukan persepsi dalam mengolah suatu data. “Kami dari BPS hanya mengelola data dasar dan terbatas, baik makro maupun mikro. Hasilnya bisa berbeda dengan di daerah. Sehingga kami minta pihak Pemkab membantu memberikan data akurat secara mendetail melalui data sektoral yang berkualitas oleh instansi yang selama ini sumbernya hanya diambil dari sensus ekonomi nasional,” jelasnya.

Harapan senada diungkapkan Kepala BPS Konsel, Waode Sri Marjanawati Oba, M.Si. “Sehingga tahun 2018 Pemkab Konsel diharapkan bisa membentuk suatu forum data dan bisa menggabungkan semua ke satu aplikasi metadata berbasis web. Agar angka statistiknya sama, dengan istilah satu data untuk pembangunan/basis data terpadu. Ini terintegrasi ke provinsi maupun nasional dan bisa diakses via smartphone,” paparnya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top