ASN Terlibat Politik Praktis , Sanksi Nonjob hingga Dipecat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

ASN Terlibat Politik Praktis , Sanksi Nonjob hingga Dipecat

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Masuk daerah dengan kategori kerawanan sedang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) minta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sultra berlaku netral. Pasalnya, banyak konflik saat pilkada terjadi, salah satunya diakibatkan ASN yang mendukung salah satu pasangan calon (paslon). Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan, akan memberikan sanksi tegas jika ada abdi negara tak netral di pilkada.

“Tugas ASN yang harus dipahami adalah melindugi rakyat, melindungi segenap bangsa dan mensejaterahkan masyarakat. ASN harus bisa mewujudkan cita-cita negara,” ungkap Tjahjo saat ditemui di silang Monas Jakarta, akhir pekan lalu.

Kejadian di Sultra pada pilkada di Kota Kendari yang mengakibatkan terbakarnya dua kantor lurah menjadi catatan bagi Kemendagri. Atas dasar itu, pihaknya minta agar ASN di Sultra tidak masuk dalan pusaran politik. “Jangan sampai, ada ASN yang terlibat politik praktis. Apalagi terbukti berafiliasi bersama salah satu pasangan calon saat menghadapi pilkada, maka sanksi tegas menanti,” ingatnya.

Sanksi yang diberikan bervariasi. “Paling rendah nonjob. Tapi sanksi paling buruk kita bisa berhentikan tetap. Untuk itu kita harapkan peran masyarakat untuk ikut mengawasi agar penyelenggaraan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap ASN tidak hanya mengerti tugas utamanya dan tidak hanya mengerti soal teknis serta persoalan administratif semata. “Buat ASN yang perlu dijaga adalah kesolidannya. Jika mengetahui teman melenceng dari tugasnya diharapkan bisa ikut mengingatkan. Jangan berprinsip karena bukan saya maka dibiarkan saja,” katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, ASN jangan takut diintimidasi paslon atau tim suksesnya. Pasalnya, jika ASN berlaku benar pemerintah pasti akan melindungi. “Perlindungan yang kita berikan salah satunya menjamin tidak ada pergeseran posisi 6 bulan dan 6 bulan sesudah pilkada. Semua itu demi menciptakan profesionalisme ASN,” imbuhnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top