Pariwara
HEADLINE NEWS

Sultra Dapat Kucuran DAK Rp 397 Miliar

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.IDSultra hanya dapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 397 miliar dari pemerintah pusat tahun depan. Rinciannya, Rp 107 miliar DAK reguler dan dan Rp 289 DAK penugasan. Dari jumlah tersebut, khususnya dalam pos DAK penugasan, anggaran SMA menelan cukup banyak yakni Rp 102 miliar. Setelah SMA, pos anggaran yang juga dapat porsi cukup besar adalah kesehatan yakni Rp 83 miliar yang diperuntukan untuk rumah sakit rujukan. Sementara untuk pos anggaran pembangunan jalan hanya mendapatkan anggaran sebesar Rp 21 miliar dan itu diperuntukan untuk pembangunan jalan pendukung konektivitas.

Anggota Komisi XI DPR RI, Haerul Saleh mengaku akan terus berupaya menyuarakan aspirasi masyarakat kepada pemerintah untuk mendapatkan kucuran dana (DAK) lebih besar lagi. “Jika ditanyakan apakah sudah adil pembagian DAK ini, tentu saya jawab belum. Jika kita lihat sesuai asas proporsionalitas, apa bedanya Papua dan Sultra. Kenapa Papua justru mendapatkan anggaran besar dari pada Sultra,” tuturnya, rabu (29/11).

Dibanding dengan Papua dari segi jumlah penduduk, Sultra pasti lebih banyak. Namun kenapa, sampai saat ini total anggaran negara untuk membangun Papua kurang lebih sudah mencapai Rp 20 triliun. “Tapi di Sultra Rp 1 triliun saya rasa tidak sampai. Lalu dimana urgensinya sehingga anggaran di Papua jauh lebih besar,” jelasnya.

Dalam persoalan ini, ia juga menyayangkan sikap Pemda yang tidak terbuka dengan para anggota DPR RI dalam hal perjuangan aspirasi. “Harusnya ada sinergi, supaya program-programnya bisa kita bantu perjuangkan. Mereka (Pemda) rata-rata memilih untuk berkomunikasi langsung ke pemerintah pusat,” terangnya.

Politisi Gerindra mengaku tetap bersyukur karena pos anggaran untuk penanggulangan bencana bisa masuk dalam APBN 2018. “Seperti bencana kalau tidak ditulis nama Sultra tentu saya tidak tahu. Pemerintah daerah yang mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, kita tidak semua tahu. Jadi kita harap ada koordinasi demi meningkatkan pembangunan Sultra melalui anggaran dari pusat,” katanya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top