Sepekan, Harga Tomat Melonjak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Sepekan, Harga Tomat Melonjak

Penjualan tomat yang terus naik di Pasar Basah Mandonga, Rabu (29/11). Foto: Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam sepekan terakhir, harga tomat bergerak naik. Keadaan ini terjadi akibat masuknya musim penghujan, hingga sejumlah faktor pemicu kenaikan. Tak hanya panen yang tidak melimpah seperti hari normal namun proses distribusi yang sedikit terganggu. Pasalnya, selain sentra produksi Sultra, komoditi pangan ini juga didatangkan dari Sulawesi Selatan.

Salah satu pedagang, Amin, di Pasar Basah Basement (Pasar Tradisional Mandonga) mengatakan, harga jual tomat yang awalnya Rp 7 ribu per kilogram (Kg) kini meningkat sampai Rp 10 ribu per Kg, khusus yang didatangkan dari Sulawesi Selatan.

“Pembeli jelas mengeluh karena pertamanya murah sekali, tapi sekarang langsung naik hingga Rp 10 ribu mi satu kilo. Tapi mau bagaimana lagi, sekarang kan musim hujan dan kemungkinan besar tomat yang sudah mulai berbunga gugur bunganya karena kena hujan atau bisa juga pohonnya membusuk,” ungkapnya.

Sedangkan Rosnaini, yang menggelar dagangan di Pasar Korem juga mengeluhkan kenaikan harga. Awalnya, tomat Enrekang ia jual dengan harga Rp Rp 5 ribu per Kg namun kini naik menjadi Rp 7 ribu per Kg. Sementara tomat lokal yang awalnya seharga Rp 5 ribu per 2 Kg, sekarang naik menjadi Rp 4 ribu per Kg.

Begitu pula di Pasar Lawata. Harga tomat yang awalnya Rp 8 ribu per Kg saat ini sudah menjadi Rp 10 ribu per Kg. “Sudah beberapa hari terakhir naik harganya. Tapi untungnya pembeli belum terlalu mengeluh karena masih masuk akal naiknya,” tutup wanita yang tidak ingin disebutkan namanya. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top