KPU Sultra Ajak Masyarakat Memilih – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

KPU Sultra Ajak Masyarakat Memilih

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang. Itu berarti masyarakat Sultra di 17 kabupaten/kota akan kembali memilih pemimpin baru yang akan bertugas lima tahun mendatang. Olehnya, partisipasi masyarakat Sultra sangatlah penting untuk memilih pemimpin yang amanah lima tahun kedepannya.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan dalam menyukseskannya tentu partisipasi dalam bentuk hadir memilih di TPS pada hari H sangatlah dianjurkan. Bahkan, sebaiknya jangan ada warga yang tidak menyalurkan hak pilihnya atau golput. Bahkan, sejatinya secara nasional target yang dberikan dalam Pilkada 2018 itu sebesar 77,5 persen maka pihaknya mengupayakan lebih tinggi dari angkat tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut, KPU Sultra telah merancang program untuk meningkatkan atau menghilangkan golput baik di internal maupun eksternal. Di internal, pihaknya sudah menginstruksikan kepada 17 KPU kabupaten/kota untuk menyuseskannya. Di masing-masing internal juga telah menyiapkan media center. Karena dengan media itu masyarakat bisa melihat informasi terkait Pilgub.

Selain itu, KPU juga terus memperbaiki basis data. Pemutakhiran harus akurat dan merujuk pada kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil setempat. Hal itu untuk memastikan akurasi dan mempengaruhi presentase pemilih.

Melalui gerakan “Ayo Memilih”, KPU mengajak masyarakat untuk tidak Golput. Mulai dengan menggunakan alat peraga, sosialisasi termasuk mamasang stiker di rumah-rumah warga. Bukan hanya itu, KPU juga intens berkunjung berbagai kelompak masyarakat seperti pemilih pemula, kaum marjinal, kelompok agama. “Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, kami juga membangun kerjasama dengan stakeholder seperti perguruang tinggi goes to campus, kunjungan ke warga maupun pemberitaan dan periklanan di media massa. Kerja-kerja terus dilakukan sampai menjelang hari H pemilihan (Juni),” katanya saat ditemui di KPU Sultra, rabu (29/11).

Guna menyukseskan Pilkada serentak, ia berharap dukungan Pemprov dan Pemda kabupaten/kota. Para kepala daerah bisa memberikan himbauan agar satuan kerja ikut melakukan sosialisasi minimal membuat  spanduk terkait menyuseskan pilkada. Parpol turut diharapkan berperan baik memberi edukasi maupun ajakan memilih pada tanggal 27 Juni 2017.

Yang terpenting, pasangan calon (Paslon) harus lebih masif menggalang warga untuk menyuseskan Pilgub dan tiga pilkada daerah lainnya. Termasuk tim sukses atau tim pemenangannya untuk kerja-kerja fungsi Parpolnya. “Sebenarnya partisipasi ini tergantung kesadaran masyarakat kita. Dan mereka hadiri kita harapkan karena kesadaran yang dibangun. Karena ketika memilih maka rakyat berdaula, negara kuat,” ungkapnya.(b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top