SDN 1 Besu di Konawe Tercemari Lumpur – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

SDN 1 Besu di Konawe Tercemari Lumpur

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Kadis Dikbud Konawe, Jumrin Pagala ketika melihat kondisi SDN 1 Besu yang gedungnya selalu digenangi lumpur.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi SDN 01 Besu di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe sangat memprihatinkan. Setiap kali diguyur hujan, sarana pendidikan tersebut langsung tercemari lumpur. Akibatnya, aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut terganggu, bahkan dihentikan. Pemerintah daerah berjanji akan segera merelokasi gedung sekolah, karena dianggap kondisinya sudah tak layak.

Informasi dari warga sekitar, sekolah yang berada di simpang tiga Konawe dan Konawe Utara (Konut) itu sudah beberapa kali tertimbun. Namun kali ini, kondisinya semakin parah karena semua ruang kelas dan kantor tertutup oleh lumpur.  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Jumrin Pagala mengatakan, pihaknya telah melakukan hearing bersama kontraktor, camat dan pemerintah desa. Hasil kesepakatan, pihak kontraktor akan  membangun talud yang tinggi untuk menghalau lumpur masuk ke sekolah.

“Kedua, camat dan pemerintah desa akan mencari lahan baru yang bisa dihibahkan, agar sekolah itu bisa kami relokasi,” ujarnya, rabu (29/11). Menurutnya, sekalipun talud telah dibuat, namun kondisi gedung sekolah sudah tak layak, sehingga memang harus direlokasi. “Posisi sekolah lebih rendah dari jalan yang sedang diratakan. Makanya ketika hujan, lumpurnya semua turun ke sekolah. Begitu kering, sebagian besar ruang kelas tertimbun tanah. Untuk proses belajar, mereka menggunakan gedung lain seperti perpustakaan dan dilakukan bergantian pada beberapa kelas,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Camat Morosi, Suriana Saranani. Kondisi itu terus berulang ketika sudah masuk musim hujan. Beberapa waktu lalu, saat turun melihat lokasi, ia pun meminta pihak pemborong jalan untuk membantu mengangkut material tanah tersebut.  “Alhamdulillah pemborong jalan mau bekerja sama dan menurunkan alat beratnya mengangkut material yang menutupi gedung. Kami juga minta agar kontraktor membuat jalan untuk siswa turun ke lokasi sekolah. Meski tidak ada dalam anggaran dan perencanaannya. Mereka bersedia melakukannya,” tandas Suriana Saranani. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top