Pemda Diajak Kerja Sama Optimalkan Pembangunan Infrastruktur – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Pemda Diajak Kerja Sama Optimalkan Pembangunan Infrastruktur

Indonesia PPP Day 2017 yang dihelat Kemenkeu di Gedung Dhanapala, Rabu (29/11). Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyelenggarakan Indonesia PPP Day 2017 dengan tema “A New Way, A New Opportunity”. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mengajak serta meyakinkan instansi pemerintah khususnya pemerintah daerah (Pemda) agar mengoptimalkan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur nasional maupun daerah.

“Acara ini juga bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada calon PJKP, investor dan akademisi mengenai implementasi KPBU di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan di Gedung Dhanapala, Rabu (29/11).

Lanjut Robert, pihaknya menilai keterlibatan dan inovasi pihak swasta KPBU, akan mendorong pelayanan publik yang efektif, efisien dan dapat diandalkan. Dengan kontrak jangka panjang KPBU, pihak swasta akan mengoptimalkan efisiensi melalui inovasi desain dan pengelolaan yang profesional.

“Di dalam KPBU, pemerintah tidak menanggung risiko sepenuhnya, namun dibagi dengan pihak swasta. Pemerintah umumnya hanya menanggung risiko politik seperti adanya perubahan peraturan dan kebijakan,” jelasnya.

Robert juga berkomitmen jika pihaknya akan mendukung skema KPBU melalui penyediaan fasilitas dan dukungan pemerintah, antara lain fasilitas penyerapan proyek, dukungan kelayakan, dan penjaminan infrastruktur.

“Kita akan bantu fasilitasi. Kita juga berharap pemerintah daerah semakin paham dengan skema ini. Di samping itu, swasta juga akan semakin yakin untuk berpartisipasi dalam skema KPBU,” pungkasnya. (JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top