STIK Avicenna Telorkan 114 Alumni – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

STIK Avicenna Telorkan 114 Alumni

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Alumni STIK Avicenna Kendari tampak mengikuti wisuda yang dihelat Selasa (28/11) di Grand Clarion Hotel Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Avicenna Kendari kembali menelorkan 114 alumni melalui prosesi wisuda profesi, sarjana dan diploma tiga yang dirangkaikan dengan perayaan dies natalis ke-16, di Grand Clarion Hotel and Convention Kendari, Selasa (28/11).

Dalam momen sakral ini, wisudawan yang berasal dari lima program studi (Prodi) berbeda resmi menyandang predikat baru. Ketua STIK Avicenna Kendari, dr. H. Marzuki Hanafi Bantayan, MSi., memaparkan bahwa kelima Prodi tersebut adalah Profesi Ners yang menyumbangkan 34 alumni, S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang sumbangkan 15 alumni, S1 Keperawatan dengan 49 alumni, D3 Keperawatan 2 lulusan dan D3 Kebidanan dengan 14 alumni.

“Dari mulai berdiri tahun 2001 sampai saat ini, jumlah lulusan STIK Avicenna sudah mencapai 4.473 alumni dari Profesi Ners, Kesmas, Keperawatan, Gizi, Farmasi, D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan. Semua tersebar di seluruh pelosok tanah air, utamanya Sultra, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Ternate, Kalimantan, NTB serta NTT,” beber dr. Marzuki (sapaan akrab).

Berdasarkan hasil survei Lembaga Pusat Karir (LPK) STIK Avicenna, dari sampel 10 persen (435 orang), ternyata waktu tunggu alumni hingga mendapatkan pekerjaan rata-rata 2-3 bulan saja namun satu persen diantaranya tidak bekerja sesuai latar belakang pendidikan.

Ia mengapresiasi Fakultas Kesmas karena memiliki jumlah persen kelulusan uji kompetensi tertinggi (100 persen) dari 37 peserta. Padahal mereka baru pertama kali mengikuti uji kompetensi secara nasional.

Persaingan dunia pendidikan makin ketat, dan sebagai upaya untuk tetap berkiprah dalam persaingan adalah dengan mendongkrak mutu internal selain membuka Prodi di luar ilmu kesehatan. Oleh sebab itu, pihaknya mengusulkan perubahan status menjadi Universitas Avicenna, kendatipun belum terwujud akibat adanya kebijakan baru dari Kemenristekdikti.

“Jadi kami akan bertransformasi menjadi Institut Pendidikan dan Teknologi Kesehatan Avicenna yang didukung dengan pengusulan empat Prodi baru yakni Teknik Informatika, Akuakultur, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi.

Adapun di sela prosesi wisuda juga ada orasi ilmiah yang dihantarkan oleh Dr. Mardiana Ahmad M.Keb. dengan pembahasan seputar peluang dan tantangan pendidikan dan profesi bidan masa kini dan masa datang.(feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top