Siswa MTs Ummusshabri Jalani Tes Urine – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Siswa MTs Ummusshabri Jalani Tes Urine

Tes urine yang digelar di MTs Pesri Kendari, selasa (28/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Maraknya penyalahgunan narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di kalangan pelajar Kota Kendari, picu kekhawatiran lembaga pendidikan. Makanya semua proaktif memberikan perlindungan kepada peserta didik. Salah satunya, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kendari yang menggalakkan program Pesri Bersih dari Narkoba (Pesri Bersinar).

Kepala MTs Pesri Kendari, Imanul Muttaqin, S.PdI., menjelaskan bahwa program Pesri Bersinar diawali dengan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba sekaligus tes urine. Bahkan, setiap bulannya akan dilakukan tes urine rutin kepada 51 peserta didik di Klinik Ummusshabri.

“Untuk awalan, sampel diambil dari setiap kelas. Penentuan sampel lewat pengamatan sikap dan keseharian siswa atau pemilihan secara acak oleh wali kelas dan orang tua siswa atau dapat pula dikombinasikan dengan prosedur pemilihan sampel secara acak,” terangnya.

Nah, ini adalah bentuk tindakan preventif atas maraknya peredaran Narkoba di kalangan pelajar. Banyak siswa yang menggunakan Narkoba karena kurangnya pantauan orang tua di rumah dan guru di sekolah. Cara ini diharap mampu jadi alternatif pengawasan paling efektif untuk seluruh peserta didik.

Sementara biaya operasional pemeriksaan urine, kata Imanul Muttaqin, diambil dari iuran Rp 1.000 setiap pekan. “Awalnya, kami pikir pemeriksaan urine setiap bulan butuh dana besar dan tentu akan membebani keuangan madrasah bila program ini ditanggung sepenuhnya oleh yayasan. Makanya, kami komunikasikan dengan orang tua murid dan alhamdulillah semua mendukung,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top