Rp 10 Miliar untuk Memoles Al Kautsar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Rp 10 Miliar untuk Memoles Al Kautsar

Kapasitas lahan parkir Masjid Agung Al Kautsar tak lagi mampu menampung padatnya kendaraan jamaah, khususnya jamaah salat Jumat. Pemprov sudah menyiapkan anggaran miliaran rupiah untuk peningkatan kapasitas lahan parkir di masjid itu. Foto: Dok. LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Wajah Masjid Agung Al Kautsar akan berubah pada tahun 2018 nanti. Masjid yang berdiri di kawasan Mandonga itu akan dipoles dengan anggaran Rp 10 miliar nantinya. Anggaran memoles masjid itu sudah masuk dalam rancangan peraturan daerah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2018. Jika mendapat persetujuan DPRD Sulrra, maka masjid agung itu akan semakin megah di jantung kota.

Alokasi anggaran Rp 10 miliar dalam postur rancangan APBD 2018 dibenarkan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sultra, Lukman Abunawas. Sekretaris Provinsi Sultra itu mengatakan jika dalam APBD perubahan 2017, Pemprov sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar untuk pembenahan lahan parkir di masjid agung itu. “Pembenahan parkir sementara dikerjakan, karena memang sudah sangat sempit. Apalagi saat salat Jumat banyak kendaraan yang parkir diluar,” ujar Lukman Abunawas, Selasa (28/11).

Selanjutnya di 2018 nanti, sudah dialokasikan dana Rp 10 miliar lagi untuk rehabilitasi bangunan fisik masjid. “Masih ada lagi kita masukkan untuk masjidnya tahun depan,” ungkap mantan Bupati Konawe dua periode itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul mengatakan tahun depan masjid agung akan dibenahi tanpa merubah bentuknya. Posisinya yang diatas bukit membuat masjid itu tak terlalu tampak dari jalan. Sebagai salah satu masjid kebanggaan masyarakat Sultra, perlu terus mendapat sentuhan perbaikan. “Kita tinggikan bangunannya. Setelah kita hitung-hitung, anggaran sekira Rp 10 miliar cukup. Anggaran itu sudah masuk dalam kerangka APBD 2018,” paparnya.

Masih kata Pahri, rehabilitasi masjid itu juga merupakan salah satu program prioritas Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam. “Selain Masjid Al Alam, Masjid Agung Al Kautsar juga diminta gubernur agar kita tambah kapasitasnya,” tambahnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top