Rangkul Pengawas Partisipastif, Panwaslu Intensifkan Sosialisasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Rangkul Pengawas Partisipastif, Panwaslu Intensifkan Sosialisasi

Panwaslu Muna Barat (Mubar) kian intens merangkul masyarakat melalui pengawasan parsipatif. Selasa (28/11), Panwas menggelar sosialisasi di kecamatan Wadaga. Kegiatan ini turut dihadiri kepolisian yang diwakili Kapolsek Lawa, Iptu Adry Pontdjo Diredjo. Foto: Yafruddin Yaddi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Muna Barat (Mubar) kian intens menguatkan perangkat pengawasan. Setelah merangkul dukungan warga melalui pengawasan parsipatif di kecamatan Sawerigadi, kini giliran masyarakat kecamatan Wadaga.

Ketua Panwaslu Mubar, LM Yasri mengaku akan terus menjalin koordinasi dengan masyarakat terkait pengawasan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2018. Salah satunya, melalui pengawasan partisipatif. Dengan semakin banyak pihak yang terlibat, aksi kecurangan dan pelanggaran bisa ditekan.

“Kalau kita yang melakukan pengawasan, lalu siapa lagi. Padahal kita sama-sama menginginkan hasil Pilgub Sultra mendatang benar-benar melahirkan pemimpin yang bisa membawa perubahan bagi Sultra,” kata LM Yasri saat memberi sambutan pada sosialiasi pengawasan partisipatif bersama stakeholder pada Pilgub Sultra 2018 di aula kantor Kecamatan Wadaga, selasa (28/11).

Koordinator Devisi Pencegahan dan Sosialisasi Panwaslu Mubar, Waode Muniati Rigato mengatakan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan menjadi salah indikator suksesnya pelaksanaan Pilgub. Untuk itulah, warga diharapkan ikut berperan aktif. Apalagi Panwas memiliki keterbatasan perangkat dan personil.

“Saya berharap masyarakat terlibat dalam pengawasan parsipatif. Jika ada dugaan pelanggaran sebisa mungkin dapat di sampaikan kepada Panwas kabupaten atau kecamatan. Nantinya, kami melakukan penelusuran terkait dugaan pelanggaran tersebut,” ujar Muniati.

Sementara Kapolsek Lawa, Iptu Adry Pontdjo Diredjo mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan keterlibatan semua pihak pengawasan bisa dioptimalkan. Makanya, koordinasi antar lembaga dan masyarakat harus diintersifkan lagi. Secara institusi, Polri siap mengawal pelaksanaan Pilgub Sultra.

“Kalau semua bejalan dengan baik suasana kamtibmas pasti aman. Makanya, sosialisasi ini jangan hanya berhenti di sini. Setelah balik dari sini, semua perwakilan yang hadir harus mengimplementasikan. Ternmasuk berbagi informasi dan pengetahuan pada masrakat luas. Bersama semua pihak, kami siap mensosialisasikan kegiatan ini secara masif hingga ke desa-desa,” ujar mantan Kapolsek Sawerigadi.(b/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top