Polisi dan Jaksa Konawe Perkuat Koordinasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Polisi dan Jaksa Konawe Perkuat Koordinasi

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Koordinasi antar penegak hukum di Konawe dalam meningkatkan efektifitas penyelesaian sebuah perkara, selasa (28/11)

KENDARIPOS.CO.ID — Koordinasi antar penegak hukum seperti kepolisian dan jaksa harus dilakukan untuk meningkatkan efektifitas penyelesaian sebuah perkara. Sebab tak sedikit kasus yang ditangani, menyulitkan kedua pihak karena kurangnya komunikasi dalam penanganan. Hal itu yang terlihat oleh pimpinan kedua institusi tersebut sehingga menggagas pertemuan dan koordinasi untuk meningkatkan sinergitas, Selasa (28/11).

Kajari Konawe, Saiful Bahri Siregar mengungkapkan, sejak awal memang perlu dilakukan koordinasi antara polisi dan jaksa dalam proses penyidikan. Ini penting karena proses prapenuntutan menjadi penyebab berbelit-belitnya penyelesaian perkara. Jaksa selalu mengembalikan berkas penyidikan pada polisi karena kurang lengkap. Sementara polisi kadang terlambat menyempurnakannya.

“Jangan sungkan untuk koordinasi. Kalau banyak kasus, tidak perlu ke kantor. Bisa menggunakan telepon, langsung jelaskan apa yang kurang dan harus segera dipenuhi. Intinya adalah koordinasi dan sinergitas sesama penegak hukum,” terangnya. Menurut Siregar, selama ini, koordinasi antara keduanya sering hanya terbatas pada polisi menyerahkan hasil berkas penyidikannya ke jaksa. Sementara jaksa hanya memeriksa hasil penyidikan polisi. Namun, ternyata oleh jaksa hasil penyidikan polisi selalu dikembalikan karena dinilai masih lemah, serta menyulitkan dalam pembuktian di pengadilan. “Makanya kita butuh sinergitas dalam penanganan perkara pidana oleh Kejari dan Polres Konawe, supaya kasus apapun bisa tuntas tepat waktu,” jelasnya.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar juga tak menampik hal itu. Ia meminta seluruh anggotanya sering berkoordinasi, untuk memudahkan pekerjaan kedua pihak. “Memang perlu ada kegiatan seperti ini, sehingga sesama penegak hukum saling memahami. Disamping itu berbagai tindak pidana juga akan terselesaikan tepat waktu, kalau ada koordinasi,” tandasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top