Mulai Besok, Mobil Pribadi Dilarang Melintas Depan Mal Mandonga – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Mulai Besok, Mobil Pribadi Dilarang Melintas Depan Mal Mandonga

Sumber: Dishub

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai besok, mobil pribadi dilarang melintas di depan Mal Mandonga. Larangan itu berlaku mulai pukul 06.00 wita hingga pukul 20.00 wita. Rekayasa arus lalu lintas itu untuk mengurai potensi kemacetan di kawasan Jalan Abdullah Silondae pada jam-jam tertentu.

Dinas Perhubungan Sultra akan memberlakukan lintasan satu jalur di depan Mal Mandonga Kendari. Rekayasa lalu lintas itu mulai diterapkan Kamis pagi. Bekerja sama dengan Dishub Kota Kendari dan Satuan Lalulintas Polda Sultra, pengendara mobil akan diperkenalkan jalur-jalur alternatif untuk dipilih. Hanya angkutan umum yang diperbolehkan menggunakan ruas jalan di Mal Mandonga.

Persiapan implementasi skenario lalu lintas itu sudah dimantapkan dalam rapat bersama, Selasa (28/11) di Dishub Sultra bersama instansi terkait. Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina mengatakan teknis penguraian kendaraan itu sudah lama disosialisasikan Dishub melalui berbagai media masa.

“Kita sudah lama siapkan ini, bahkan sudah dikaji beberapa kali dan kita anggap ini salah satu solusi mengurai kemacetan di Mandonga itu,” ujar Hado Hasina dalam pertemuan selasa (28/11).

Mantan Kepala Dinas PU Buton Utara itu menjelaskan setiap kendaraan pribadi dari arah kantor Wali Kota Kendari yang akan menuju Kemaraya atau Kota Lama harus membelok ke kiri atau kanan tepat di traffic light Bank Mandiri atau Masjid Agung Al Kautsar.

Demikian juga halnya mereka yang hendak menuju arah Wuawua, dari Kota Lama akan melewati kanan bundaran Mandonga. “Aturan ini kami berlakukan mulai pukul 06.00 hingga 20.00 Wita,” sambung Hado.

Selain menata lalu lintas, penerapan rekayasa arus itu bisa menekan angka pertumbuhan kendaraan pribadi di metro ini. Sebab menurut Hado Hasina, salah satu penyebab macet adalah kendaraan pribadi yang terus bertambah setiap saat. “Kita juga mendukung program public transportation, supaya orang lebih memilih naik angkot saja dari pada bawa mobil pribadi,” tambahnya.

Sementara itu, Kasubbid Keamanan dan Keselamatan Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra, AKBP Jarwadi mengaku sudah menyiapkan personelnya untuk membantu Dishub mengarahkan pengendara. Mulai malam ini (semalam-red) rambu-rambu lalu lintas dipasang. “Kami sangat mendukung, dan sudah kami siapkan personel. Pukul 06.00 wita sudah standby di lapangan,” ungkap AKBP Jarwadi.

Untuk diketahui, jalur depan Mal Mandonga memang selalu menjadi titik macet terparah. Utamanya pagi dan sore hari. Sebab, di kawasan itu terdapat tiga lokasi sebagai pusat perbelanjaan warga. Ke depan, rekayasa yang sama juga akan diberlakukan di area Kota Lama dan Pasar baru. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top