Hanya Empat Parpol Yang Mendaftar Ulang – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Hanya Empat Parpol Yang Mendaftar Ulang

Herman

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan badan pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang mengakomodir tuntutan sembilan partai politik (Parpol) tidak semuanya direspon. Di Konawe Selatan (Konsel), hanya empat pengurus Parpol yang mengajukan berkasnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ke-empat Parpol tersebut yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, PKPI dan Partai Idaman.

Ketua KPU Konsel, Herman mengatakan menindaklanjuti putusan Bawaslu RI, KPU RI telah menerbitkan surat nomor 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 tentang tata cara pendaftaran dan pemeriksaan dokumen persyaratan parpol calon peserta Pemilu tahun 2019. Dalam putusan ini, KPU memberikan kesempatan pada sembilan Parpol mendaftar ulang.

Parpol yang diberi kesempatan kedua lanjut Herman, adalah Parpol yang tidak lulus verifikasi tahap sebelumnya. Berdasarkan hasil verifikasi, dokumen yang diserahkan tidak sesuai dengan data sistem informasi partai politik (Sipol) KPU RI. Sayangnya, tidak semua Parpol yang menyerahkan data. “Dari sembilan Parpol, hanya empat yang datang menyerahkan dokumennya,” bebernya, selasa (28/11).

Untuk bisa memenuhi persyaratan kata mantan jurnalis ini, Parpol harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh KPU. Mulai dari syarat pendirian hingga jumlah keanggotaan minimal. Di Konsel, jumlah minimal keanggotaan Parpol sebanyak 306 orang. Angka ini diperoleh dari jumlah penduduk Konsel dibagi 1/1000.

“Bila merujuk pada data agregat kependudukan perkecamatan (DAK2) yang bersumber dari kementerian dalam negeri (Kemendagri), jumlah penduduk Konsel sebanyak 306.783 jiwa. Bila dibagi seribu maka, jumlahnya 306 orang. Semua anggota harus dapat menunjukkan bukti kartu tanda anggota yang sah dan terverifikasi dari partai,” jelasnya.

Namun untuk bisa memastikan menjadi peserta Pemilu 2019 sambungnya, dokumen Parpol masih harus diverifikasi. “Semuanya masih diteliti secara administrasi dan verifikasi faktual. Jangan sampai data yang dimasukan masih tidak sesuai dengan data Sipol,” tandasnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top