BPPRD Wakatobi Optimis Capai Target PAD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

BPPRD Wakatobi Optimis Capai Target PAD

KENDRIPOS.CO.ID — Pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD) masih terus dimaksimalkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), waktu yang tinggal sebulan ditahun 2017 ini benar-benar dimanfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Target sebesar Rp 7 miliar harus dituntaskan.

Untuk diketahui, target PAD tahun 2017 sebesar Rp 5,99 miliar dari sektor pajak. Sementara beban retribusi mencapai Rp 1,44 miliar. Tercatat hingga Oktober lalu, pencapaian pajak telah mencapai 83,58 persen atau setara dengan Rp 5 miliar lebih. Sedangkan untuk pencapaian retribusi pada bulan yang sama sudah Rp 1,13 miliar atau 78,67 persen.

Kepala BPPRD Wakatobi, Hariadin menuturkan, meski capaian belum 100 persen, namun pihaknya optimis target pajak dan retribusi tahun 2017 bisa diraih. Sebenarnya, untuk bulan November sudah ada penambahan ratusan juta rupiah dari pajak dan retribusi yang masuk ke kas daerah.

“Wajib pajak bayarnya di bank. Sehingga data untuk bulan November ini baru bisa kita print. Makanya saya belum bisa bicara angka pastinya. Kecuali tanggal 5 Desember ini baru ada,” ungkapnya, selasa (28/11). Mantan Sekretaris DPRD Wakatobi itu mengakui, banyak kendala yang dihadapi di lapangan selama ini. Pihaknya harus kerja ekstra dalam memberikan pemahaman dan kesadaran pada masyarakat utamanya wajib pajak.

Beberapa tantangan yang dihadapi kata dia diantaranya, belum tertibnya data base potensi pajak dan retribusi daerah. Termasuk kurangnya kesadaran wajib pajak dalam melaporkan omset, hingga terbatasnya sumber daya aparatur. “Selain itu, regulasinya. Makanya ada langkah strategi yang kita lakukan. Termasuk pendataan objek pajak berkelanjutan dan sosialisasi kontinyu serta lainnya,” tambah Hariadin. Kendati demikian, pihaknya mengaku antusias wajib pajak untuk menuntaskan kewajibannya sudah mulai terlihat. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top