Wakatobi Kekurangan Penyuluh Pertanian – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Wakatobi Kekurangan Penyuluh Pertanian

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi saat ini masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Bahkan jumlahnya tak mencapai indikator minimun. Wakatobi hanya memiliki 30 tenaga penyuluh yang ditempatkan pada 75 desa dan 25 kelurahan. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi, Jamrudin Ruda, mengaku saat ini pihaknya masih mengusulkan penambahan tenaga penyuluh tersebut.

Setidaknya, tiap desa atau kelurahan memiliki satu penyuluh yang mendampingi para petani di lapangan. Sayangnya, usulan ini masih terkendala anggaran dan sumber daya manusia (SDM). “Kita sangat kekurangan tenaga penyuluh. Makanya tenaga yang ada kita maksimalkan di daerah-daerah dengan potensi pertanian,” ungkapnya, senin (27/11).

Jamrudin Ruda berharap, usulan penambahan personel penyuluh bisa diakomodir dengan anggaran yang ada. Meski begitu, setidaknya tahun depan ada penambahan. Artinya, untuk 100 desa dan kelurahan di Wakatobi, pihaknya masih membutuhkan sekitar 70 penyuluh.

“Ya, kita berharap ada penambahan tahun depan dan bisa direalisasikan,” tambahnya. Ia menambahkan tenaga di lapangan kadang mendampingi lebih dari tiga desa. Sehingga bukan hanya fokus pada kuota pendamping, pihaknya juga akan mengupayakan menambah honor tenaga penyuluh yang bertugas di lapangan.

“Terpenting, kita maksimalkan dulu yang ada dan semoga bisa bertambah. Selain itu kita masih mencari SDM,” pungkasnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top