Tempat Menyelam Terpopuler 2017, Wakatobi Raih Penghargaan Nasional – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Tempat Menyelam Terpopuler 2017, Wakatobi Raih Penghargaan Nasional

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Wakatobi kembali mendapat penghargaan nasional. Kali ini, otorita H. Arhawi dinobatkan sebagai juara II Tempat Menyelam Terpopuler 2017 oleh Kementerian Pariwisata. Pengumuman pemenang disampaikan dalam acara Anugerah Pesona Indonesia (API) di grand studio salah satu televisi swasta nasional di Jakarta, Sabtu malam (25/11).

Trophy penghargaan diterima langsung Bupati Wakatobi, H. Arhawi. Penghargaan ini, semakin menegaskan kalau Wakatobi adalah “surganya” wisata bawah laut. Dengan begitu juga, tidak salah kalau Kendari Pos memberikan apresiasi serupa sebelumnya. Khususnya kepada Bupati Arhawi sebagai pilar penting yang mendukung kemajuan wisata Wakatobi. “Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan posisi daya saing destinasi dan kemajuan pariwisata Wakatobi yang lebih baik lagi ke depan,” ujar Arhawi, minggu (26/11). Tempat menyelam yang dapat penghargaan itu berada di Pulau Tomia. Dirinya berharap, pulau-pulau lain juga bisa mendapatkan pengakuan serupa, tentu dengan segmen berbeda.

Tak lupa, ketua Koni Wakatobi ini mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi memberikan vote, sehingga menjadi nominasi dan juara di API 2017. Dia menambahkan, pemkab dan seluruh masyarakat Wakatobi sangat menyambut baik penghargaan ini. Wakatobi itu adalah “Surga Bahari-nya” Indonesia. Jadi menurutnya, pantaslah kiranya Wakatobi khususnya Pulau Tomia mendapat dukungan luas dan terpilih sebagai Tempat Penyelaman Terpopuler dalam kontes API ini.

“Kami yakin bahwa pilihan ini datang dari pendapat obyektif masyarakat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebab, mereka takjub dengan potensi dan keindahan bawah laut Wakatobi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar menjelaskan ada dua faktor paling mendasar menjadikan Wakatobi unggul dari destinasi lain. Diantaranya, Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati bawah laut tertinggi di dunia yaitu 750 spesies terumbu karang dari 850 species yang ada di dunia.

“Wakatobi juga memiliki karang atol tunggal terpanjang di dunia. Fakta ini menjadikan Wakatobi sebagai tempat penyelaman dengan panorama bawah laut yang sangat mempesona dengan skala yang tidak terbatas,” ungkapnya.

Penghargaan yang diraih tersebut tentu merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa bagi masyarakat Wakatobi. “Bagi kami ini adalah bentuk pengakuan dan dukungan nyata dari para pencinta diving, wisatawan dan masyarakat luas baik dalam negeri maupun mancanegara terhadap eksistensi Wakatobi sebagai tempat penyelaman terbaik di Indonesia,” katanya.

Dengan momentum ini Pemkab Wakatobi berharap akan berimplikasi positif. Khususnya semakin meningkatnya angka kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Wakatobi. Sehingga penghargaan ini semakin meningkatkan optimisme dan semangat dalam mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan di Wakatobi.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, himbauan dari Pemkab Wakatobi khususnya dinas terkait bahwa aset wisata penyelaman di Wakatobi bukan hanya milik Wakatobi tetapi juga milik Indonesia bahkan seluruh masyarakat dunia. Oleh karena itu diharapkan agar terus dijaga kelestariannya sehingga dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top