Petani Kolut Diedukasi Mengelola Cengkih – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Petani Kolut Diedukasi Mengelola Cengkih

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Edukasi yang diberikan kepada para petani cengkih di Kolut. Mulai dari mempersiapkan media termasuk bibit, pupuk, biji cengkih hingga peralatan panen yang aman.

KENDARIPOS.CO.ID — Seratusan petani cengkih di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti pelatihan dan tata cara mengelola tanaman hingga memetik buah yang baik di Gedung Olahraga Kecamatan Lasusua. Kegiatan bertajuk “Gebyar Panen Cengkih 2017” tersebut dibuka langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, H. Iskandar, Sabtu (25/11).

Menurut Iskandar, apa yang telah dilakukan pihak swasta dengan memberikan edukasi langsung dianggap sangat tepat. Pasalnya, tidak banyak petani yang mengetahui apa yang telah diberikan dalam kegiatan tersebut selama ini. Lagi pula kata dia, kegiatan tersebut sangat dibutuhkan mengingat menjadi salah satu program andalan Pemkab dalam menggenjot sektor kakao dan cengkih.

Apalagi, pihak perusahaan kerap menggelontorkan dana CSR-nya baik berupa pengadaan pupuk hingga jalan perkebunan. “Kalau seperti ini, insyaallah pemerintah mendukung dan kalau perlu bisa setiap tahun dan jangan kami hanya sebagai undangan tetapi jika perlu dilibatkan secara langsung,” tutur Iskandar.

Sementara itu perwakilan penyelenggara kegiatan, Beni mengutarakan kegiatan tersebut memang agenda tahunan yang berlangsung hampir di semua wilayah daerah penghasil cengkih. Tujuannya untuk membantu para petani mendongkrak hasil panennya. “Hasil maksimal itu tentu harus melalui cara perawatan yang baik untuk memperoleh mutu yang berkualitas. Jika hasil panen meningkat penghasilan masyarakat meningkat,” ujarnya. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top