Parpol di Sultra Diduga Asal Comot Anggota – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Parpol di Sultra Diduga Asal Comot Anggota

Komisioner Bawaslu Sultra, Hj. Hadi Macmud saat memaparkan materi pengawasan verifikasi faktual keanggotaan parpol tingkat kabupaten/kota. Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap verifikasi dokumen partai politik (Parpol) masih menyisakan banyak persoalan. Ada kesan Parpol masih belum siap menyusun dokumen kepengurusannya. Tak heran, keanggotaan ganda hingga dokumen yang tidak memenuhi syarat masih banyak ditemukan di Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan ada indikasi Parpol asal comot anggota. Makanya, ada warga yang komplain dan mengaku namanya dicatut dalam kepengurusan partai tertentu.

Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra tak menampik hal tersebut. Dalam proses verifikasi calon peserta Pemilu 2019, Bawaslu banyak menerima laporan. Mulai dari tahap pendaftaran hingga penelitian administrasi dokumen Parpol. Makanya, banyak memberikan catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Parpol saat menyerahkan dokumen untuk dilakukan perbaikan.

“Hasil pengawasan Panwas di 17 kabupaten/kota banyak menemukan keanggotaan ganda. Tidak hanya keanggotaan ganda di internal (dalam satu parpol saja) maupun juga di eksternal (antar parpol). Temuan ini hampir terjadi di seluruh daerah,” kata Hj Hadi Macmud, komisioner Bawaslu Sultra saat menyampaikan materi dalam acara fasilitasi tahapan pengawasan pada Pilcaleg dan Pilpres Tahun 2019, di Hotel Horison, Minggu (26/11).

Banyaknya keanggotaan ganda kata dia, patut diduga Parpol “asal comot” anggota. Hal tersebut terbukti dengan ditemukan KTA ganda. Misalnya, ada anggota Parpol yang terdaftar di lebih dari dua partai. Selain itu, Panwas juga menemukan anggota Parpol yang tidak memenuhi syarat seperti berstatus ASN atau belum cukup umur/belum menikah. “Jadi hal itu yang menjadi temuan. Staf kita (Panwas) ada di KPU memantau langsung, semuanya di catat setiap hari. Semua temuan ini, kami laporkan ke Bawaslu RI,” jelas dosen non-aktif Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari ini.

Pada tahap verifikasi Parpol sambungnya, perangkat pengawasan terus dimaksimalkan terutama menghadapi verifikasi faktual tanggal 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018. Ia memprediksi akan muncul persoalan lantaran cukup banyak temuan. Sebagai lembaga pengawasan, pihaknya siap berkoordinasi dengan KPU setempat untuk dilakukan verifikasi faktual. “Kita (Panwas) akan berbagi informasi dengan KPU. Kalau nantinya banyak yang ganda, Parpol sendiri yang rugi, apakah mencukupi syarat minimal atau bagaimana,” lanjutnya.

Komisioner KPU Sultra, Tina Dian Ekawati Taridala mengakui KPU daerah juga menemukan KTA ganda baik internal parpol maupun dengan parpol lain. Olehnya, pihaknya (KPU kabupaten/kota) saat ini tengah mengembalikan berkas parpol yang sudah diverifikasi administrasi. “Olehnya, ini akan diverifikasi faktual 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018.

Sejauh ini, yang diverifikasi oleh KPU ada sebanyak 14 parpol. Yakni Perindo, PSI, PPP, NasDem, PKB, PKS, Hanura, Golkar, Garuda, Gerindra, Demokrat, PDIP, Berkarya dan PAN. Hal itu belum termasuk parpol yang dalam putusan Bawaslu untuk diveriikasi adalah PKPI, Idaman, PBB, Bhineka Indonesia, Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Republik, Rakyat, PIKA, Suara Rakyat Indonesia.

Sementara itu, akademisi UHO yang diwakili oleh Prof. H Eka Suaib mengatakan parpol yang ada harus mampu saling memberikan penguatan. Dengan demikian, tak ada lagi anggota parpol yang tak terdaftar atau tidak ditemukan ataupun ganda dengan parpol lainnya. Sehingga, pengelolaan keanggotaan parpol harus ditingkatkan, terlebih dalam menghadapi Pemilu 2019.

Kasubdit I Politik Dir. Intelkam Polda Sultra, AKBP Sephanus Eko mengaku telah memetakan PAM Pilcaleg dan Pilpres yang digelar secara bersamaan. Pengamanannya masih merujuk pada pelanggaran Pemilu 2014 lalu. Untuk menyukseskan pengamanan, pihaknya akan mengundang stakeholder termasuk seluruh Parpol untuk duduk dalam satu forum pada bulan Desember nanti. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top