Koltim Makin “Menggeliat” di Tangan Tony – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Koltim Makin “Menggeliat” di Tangan Tony

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (menunjuk) memberikan pengarahan kepada sejumlah pimpinan SKPD tentang beberapa hal yang perlu dimaksimalkan, terkait program pembangunan daerah. Dirinya tak pernah lelah blusukan, turun langsung ke masyarakat untuk melihat kinerja bawahannya. Foto: Dok/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) makin menggeliat (maju,red) di bawah kepemimpinan Tony Herbiansyah. Meski baru setahun lebih menjabat, namun progres pembangunan daerah diberbagai bidang menunjukkan peningkatan signifikan. Semua itu tak lepas dari “tangan dingin” mantan Wakil Bupati Konawe tersebut.

Janji-janji politik semasa kampaye sudah mulai terealisasi, dan langsung dirasakan masyarakat. Terutama pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan kantor, puskesmas, hingga mendatangkan bantuan dari pemerintah pusat di bidang pertanian. “Koltim sudah jauh lebih maju dari tahun sebelum mekar dulu. Semenjak saya memimpin daerah ini mulai Pj Bupati 2013 silam, selalunya niatan saya hanya ingin membangun kabupaten ini,” kata Tony Herbiansyah.

Koltim layak berkembang lebih cepat, sebab Tony Herbiansyah adalah sosok yang sarat pengalaman birokrasi maupun pemerintahan. Dia juga tak pernah lelah blusukan di daerah-daerah terpencil dan belum disentuh pembangunan dan kesejateraan. Semua itu semata-mata untuk melihat kondisi masyarakatnya secara langsung. Mantan Kepala BKD Sultra itu, tidak puas jika tak melihat langsung kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Masyarakat sudah memberi kepercayaan pada saya, makanya harus berjuang untuk memberikan kesejahteraan pada mereka,” ungkapnya.

Kini Koltim mulai berkembang pesat. Buah kerja cerdasnya mulai dirasakan masyarakat. Dimulai dari pelebaran jalan protokol ibu kota sepanjang 16 KM, pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU), pembangunan kantor bupati, SKPD, gedung DPRD, pembangunan rusunawa, dan pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan, deker dan jembatan yang selama ini terisolir dan susah untuk dilewati masyarakat sekarang sudah permanen dan merata pada 12 Kecamatan dan 117 Desa. “Insyaallah, tahun depan kita akan tingkatkan lebih baik lagi,” janjinya.

Hal lain yang juga jadi janji politiknya adalah meningkatkan pelayanan kesehatan secara merata. Saat ini, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana terus dimasimalkan mulai daerah ibu kota kabupaten hingga pelosok pedesaan. Selain  pelayanan kesehatan rumah sakit umum daerah (RSUD), puskesmas di kecamatan dan puskesmas pembantu di desa juga terus dibenahi bagus.

Tony Herbiansyah memastikan sebelum masa jabatannya berakhir nanti, semua fasilitas kesehatan sudah baik dan sesuai standar.  Makanya, dalam pengalokasian anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), ia tidak tangung-tangung memporsikan anggaran sebanyak 10 persen untuk perbaikan kesehatan.

Ia berharap,  Dinas teknis harus proaktif di lapangan, tidak hanya menunggu perintah dari atasan langsung tetapi harus tanggap. Dinas Kesehatan selaku tangan kanan pemerintah daerah untuk selalu berupaya memberikan pelayanan kesehatan dengan baik. Selain itu 12 kepala puskesmas di kecamatan juga harus maksimal memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.

“Kita maksimalkan pelayanan kesehatan supaya setiap hari, bulan bahkan tahun menjadi lebih maju. Sarana dan prasana harus memadai mulai dari perkotaan hingga di pelosok desa. Bukan hanya infrastruktur tetapi SDMnya juga sudah ada.  Dan Alhamdulillah baru-baru ini banyak bidan desa terangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Mereka sudah bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” terangnya.

Dia menambahkan, selain memperbaiki semua infrastruktur 12 puskesmas yang ada di kecamatan. Ketersedian alat kesehatan juga terus ditambah, serta ketersedian obat-obatan. Lanjut dia, dalam waktu dekat juga akreditasi puskesmas akan mulai selesai satu persatu. “Syukur dokter umum sudah ada di masing-masing puskesmas. Pelayanan kesehatan juga baik dengan beroperasinya 10 mobil ambulans yang stanby di puskesmas kecamatan. Sehingga ketika dirujuk kerumah sakit bisa cepat sampai dan bisa terselamatkan.  Jika merujuk 3 tahun lalu ketersedian fasilitas kesehatan sangat minim,” ucap mantan Kepala Kesbangpol Sultra ini.

Tak hanya itu, pembangunan sektor pertanian juga terus digenjot. Bantuan terus mengalir kepeada petani dan pengadaan sawah pun terus bertambah, terhitung periode tahun 2016 Tony Herbiansyah memimpin Koltim secara definitif, mampu merealisasikan janji-janji politiknya. Dia juga mampu berkomunikasi dengan baik pemerintah pusat hingga dibantu, yakni pembangunan, 4 bendungan besar Di Koltim, yakni bendungan ladongi (waduk) mengaliri 3604 hektar sawa, bendungan mokoseu akan mengaliri potensi sawah 3000 hektar, bendungan pelosika akan mengaliri 20.040 hektar dan bendungan loea akan mengaliri sawa 3400 hektar. Keempat bendungan tersebut di danai langsung pemerintah pusat, melalui dana APBN.

Surplus produksi panen selama 3 tahun berturut-turut pun mengalami peningkat drastis, khususnya padi dan jagung, pada tahun 2014 produksi padi mencapai 85.000 ton gabah kering panen (GKP), tahun 2015 mengalami naik menjadi 89.000 ton.  Pada Tahun 2016 naik sekitar 94.000 ton gabah kering panen. Semua bisa dicapai berkat political will dari kegigihan dan kerjasama perangkat daerah, jangan cepat puas terhadap yang diperoleh sekarang ini.

“Saya tidak membutuhkan waktu lama dalam merealisasi kebutuhan masyarakat petani seperti, bantuan traktor, hentraktor, handpalayer, traktor mini, mesin panen padi, dan bantuan lainnya, bantuan irigasi pertanian, penyedian bibit, yakni Lada,Coklat, Cabe,jagung, dan singkong gajah. Alhamdulillah, jeri payah dan kerjasama masyarakat semua, membuahkan hasil dapat meningkatkan produksi padi mencapai 7-10 ton perhektar, dan surplus beras 43.000 ton,” imbuh Ketua DPW NasDem Sultra ini. (b/kus/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top