Direktur Kemendikbud: Media Berperan Dukung Pelestarian Budaya – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Direktur Kemendikbud: Media Berperan Dukung Pelestarian Budaya

Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Pendidikan Kemendikbud, Sri Hartini (keempat dari kiri) didampingi Kepala Taman Budaya Sultra Dodhy Sahrulsah (kelima dari kiri) beserta jajaran berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, tadi malam (26/11). Mereka diterima Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (ketiga dari kiri) bersama jajaran. Usai berdiskusi sempatkan foto bersama. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Media berperan penting dalam mendukung pelestarian budaya daerah. Melalui pemberitaan yang intens dan mengedukasi, sehingga masyarakat terutama generasi muda bisa memahami kebudayaannya. Hal itu disampaikan Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Pendidikan, Sri Hartini saat berkunjung di Graha Pena, Kendari Pos, minggu (26/11) malam.

Menurut dia, Indonesia khususnya Sultra memiliki beragam budaya yang harus dilestarikan. Hal ini penting mengingat kemajuan tekhnologi dan era globalisasi membuat nilai-nilai budaya lokal terus terkikis. Beratnya tanggung jawab mempertahankan kearifan budaya ini, sehingga tak bisa sepenuhnya diserahkan kepada Pemda dan pemerintah pusat. Butuh juga pihak lain, salah satunya media. “Media sangat berperan penting. Makanya, saya terus mendorong agar media dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan, supaya masyarakat tahu,” ungkap Hartini saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran.

Dia berharap ke depannya, perlu ada terobosan dalam melestarikan budaya tersebut. Yakni menstimulus melalui berbagai event yang digelar bekerja sama dengan Dirjen Kemendikbud, Pemda melalui Dikbud dan Kendari Pos sendiri. “Saya yakin, kalau semua pihak bekerja sama, pelestarian budaya bisa maksimal,” ujarnya.

Hartini yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Taman Budaya Sultra Dodhy Sahrulsah beserta staf juga mengapresiasi Kendari Pos yang telah berkontribusi nyata dalam mendukung pelestarian budaya lokal. Kata dia, giat Pagelaran Seni Budaya se-Sultra yang baru saja dilakukan sangat menginspirasi. Dirinya berharap, kegiatan serupa bisa terus dilakukan di masa mendatang.

“Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Tinggal komukasi saja yang perlu dimaksimalkan. Saya harap, Taman Budaya sebagai perpanjangan tangan pemerintah bisa menjembatani hal ini,” katanya.

Banyak hal yang menjadi perbincangan pada kesempatan itu, tapi intinya adalah Hartini mengharapkan komitmen semua pihak, termasuk media untuk mendukung kegiatan pelestarian budaya. Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi kedatangan Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Pendidikan, Sri Hartini di Graha Pena. Soal dukungan terhadap pelestarian budaya, menurutnya sudah dilakukan Kendari Pos.

Salah satu contohnya, Pagelaran Seni Budaya se-Sultra yang belum lama ini selesai digelar, bekerja sama dengan Pemprov Sultra, khususnya Dinas pendidikan dan Kebudayaan. Dirinya juga sepakat kalau media berperan dalam mendukung pelestarian budaya, khususnya di kalangan generasi muda. “Sasaran kita adalah anak-anak muda. Jangan sampai mereka menganggap, budaya lokal itu ketinggalan zaman. Hal ini yang harus kita pahamkan. Makanya, kegiatan itu (pagelaran seni budaya,red) salah satu tujuannya untuk itu,” jelasnya.

Irwan menambahkan, memang tidak mudah menumbuhkan kepedulian terhadap budaya kepada anak-anak muda. Sebab, era sekarang yang serba teknologi sehingga butuh kerja sama dengan semua pihak. Khusus Kendari Pos, tak hanya mendukung dalam bentuk kegiatan, tapi ada juga rubrik yang disiapkan untuk budaya. “Ada rubrik khusus sastra dan budaya. Ini adalah salah satu bentuk nyata komitmen dukungan kita terhadap pelestarian budaya,” katanya.

Banyak gagasan cemerlang yang disampaikan Irwan dalam pertemuan itu. Yang intinya adalah mendorong generasi muda dan masyarakat secara umum supaya bangga dengan budayanya. Jangan sampai, merasa dianggap kuno kalau tidak pintar bahasa asing atau tidak ikut budaya barat. “Harus kita tanamkan kebanggaan kepada masyarakat tentang budayanya, melalui kegiatan seni dan budaya. Dan pastinya, Kendari Pos siap ambil peran dalam kegiatan itu,” imbuhnya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top