455 Staf Magang di Buton Bekerja Tanpa Gaji – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

455 Staf Magang di Buton Bekerja Tanpa Gaji

KENDARIPOS.CO.ID — Sulitnya mencari kerja, membuat para sarjana terpaksa memilih mengabdi di instansi pemerintahan. Tak terkecuali di Buton, yang kerap kewalahan menerima permintaan magang dari para pencari kerja. Minimnya anggaran menjadi sebab pemerintah belum mampu memberdayakan pegawai magang. Hingga saat ini, terdapat 455 orang harus bekerja tanpa digaji.

Hal itu diakui Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Buton, Zanuriah. Ia menjelaskan, 455 orang tersebut mengabdi pada berbagai instasi pemerintahan di Buton. “Mereka diterima dengan kontrak persetujuan magang. Itu tidak digaji satu peserpun, karena memang tak ada anggaran,” jelasnya, minggu (26/11).

Jumlah itu seharusnya bisa bertambah lebih banyak jika Pemkab tidak menyeleksi permohonan magang. Zanuriah menyebut fenomena ini dilematis. Disatu sisi rasa manusiawi yang keberatan melihat mereka bekerja tanpa gaji, namun pada pihak lain harus diakui, sulitnya mencari kerja di daerah menjadi penyebab. “Kami berharap ke depan segera ada penerimaan CPNS. Kabarnya tahun 2018, tetapi itu belum dipastikan,” sambungnya.

Selain pegawai magang, di Buton juga terdapat 565 guru tidak tetap (GTT) atau honorer. “Kondisinya juga sama, meski GTT ada sedikit insentif dari daerah dengan jumlah tidak seberapa,” urainya. Jumlah pegawai negeri sipil di eks Kesultanan Buton saat ini disebut mencapai 2.960 orang. Angka itu berkurang hampir 4.000 dari jumlah tahun 2013 sebanyak 6.993 orang. Kondisi itu terjadi akibat pemekaran daerah otonom baru dan juga pensiun dan pindah tugas. “Jumlah itu masih kurang, perlu penambahan,” paparnya. Hanya saja, Zanuriah belum merinci berapa kebutuhan total PNS di Buton. “Kami belum hitung dan saya tidak mau memerkirakan juga,” argumentasinya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top