Tak Temukan Kerusakan Mesin, KNKT Akan Selidiki Insiden Jetliner – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Tak Temukan Kerusakan Mesin, KNKT Akan Selidiki Insiden Jetliner

M. Irsyadi (tengah)

KENDARIPOS.CO.ID — Publik masih bertanya-tanya apa penyebabnya sehingga Kapal Ferry Cepat (KFC) Jetliner hilang kendali lalu menyeruduk eks kantor Syahbandar, Kamis (23/11) lalu. Pihak Syahbandar dan PT Pelni turun memeriksa kondisi kapal berkapasitas muatan penumpang 500 orang dan 100 kendaraan itu. Tim dari Syahbandar yang tiba di lokasi sekira pukul 09.00 wita  langsung memasuki kapal.

Pemeriksaan itu tertutup untuk wartawan. Setelah mengecek fisik kapal, tim Syahbandar mengaku tak menemukan kerusakan mesin apapun. Tak ada pula kebocoran bodi kapal. “Karena kami melakukan Underwater Survei, tidak terjadi apa-apa,” kata Kepala Syahbandar Kendari, M. Irsyadi, Jumat (24/11).

Kata dia, kedatangan Syahbandar hanya melakukan pengawasan. Untuk  memastikan dan menyimpulkan secara teknis insiden itu, maka Komite Nasional Keselamatan Transportasi  (KNKT) akan turun menyelidiki. Dalam waktu dekat KNKT akan ke Kendari untuk mengecek dan memeriksa kapal Jetliner rute Baubau-Raha dan Kendari itu.

M. Irsyadi menuturkan berdasarkan keterangan kapten kapal dan ABK bahwa insiden itu terjadi akibat kendali kemudi yang tidak berfungsi. “Ada kesalahan dengan kemudinya. Itulah yang belum bisa kami pastikan kebenarannya. Intinya, hasil penyelidikan nanti kami serahkan ke KNKT,” ungkap M. Irsyadi.

Kepala Cabang PT Pelni, Lutfi Israr menyatakan permohonan maafnya atas insiden tersebut. Dia juga menyerahkan penyelidikan kasus itu kepada KNKT. “Jika hasilnya sudah ada, maka akan direkomendasikan ke Syahbandar, untuk memastikan kapal kami akan kembali beroperasi,” ujar Lutfi.

Lutfi menyebutkan hingga saat ini Kapal Jetliner belum dapat beroperasi. Uang penumpang yang telah membeli tiket untuk jadwal berangkat, Jumat (24/11) sudah dikembalikan. “Sebanyak 125 penumpang yang membeli tiket sudah kami kembalikan uangya. Kami juga memohon maaf,”kata Lutfi.
Dia memastikan kapal Jetliner tetap akan beroperasi setelah ada rekomendasi Syahbandar Kendari.  Soal kerugian belum dapat ditaksir jumlahnya. Perbaikan bangunan yang ditabrak akan ditanggung PT Pelni. Pantauan Kendari Pos, kapal Jetliner sudah sandar di Pelabuhan Nusantara Kendari.  Evakuasi kapal dilakukan Jumat (24/11) pukul 04.00 wita dini hari. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top