Pemkot Kendari Komitmen Maksimalkan Kota Layak Anak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pemkot Kendari Komitmen Maksimalkan Kota Layak Anak

Ruang publik terbuka bagi aktivitas anak menuju Kendari Kota Layak Anak ini terdapat di kawasan taman kota kompleks Kantor Wali Kota Kendari. Foto: Dok/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya mewujudkan dan memaksimalkan Kota Layak Anak (KLA) bukan perkara mudah. Selain itu, dibutuhkan kerja sama semua elemen di Kota Kendari. Tak heran jika baru sebulan lebih dilantik sebagai Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menggerakkan dinas teknisnya untuk merealisasikan Kota Kendari sebagai KLA dengan menggandeng lembaga lain yang berkompeten.

Sebagai langkah awal, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Kendari menggelar workshop dan advokasi KLA dengan melibatkan instansi lain selama dua hari, Kamis dan Jumat. Sebut saja, kepolisian, perbankan, media massa dan beberapa pihak lain. Kegiatan itu dibuka Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra, Kamis (23/11) di aula bertakwa Kantor Wali Kota Kendari.

Sekretaris Dinas PPPA Kota Kendari, Sapri menjelaskan workshop dan advokasi KLA digelar dengan mengundang beberapa pihak yang nantinya akan membantu Pemkot untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai KLA. “Sekaligus untuk merumuskan aksi perlindungan terhadap anak,” ujar Sapri saat ditemui disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di aula Bertakwa, Jumat (24/11).

Pria yang pernah berdinas BKPSDM Kota Kendari itu menegaskan dalam workshop itu dibentuk gugus tugas. Setiap gugus memiliki rencana aksi dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak. Seperti penyediaan ruang publik kepada anak. “Misalnya, gugus tugas pihak Perbankan dalam programnya akan memberikan ruang bermain anak dan media massa memberikan publikasi tentang perlindungan anak. Tentunya, rencana akan yang telah disusun itu akan bermuara pada penciptaan Kota Kendari sebagai KLA,” jelas Sapri.

Tak hanya workshop, kegiatan itu juga terdapat advokasi. Setiap peserta diberikan pemahaman perlindungan terhadap anak. Karena dengan pemahaman tersebut para seluruh peserta dapat dengan mudah dan mengerti untuk menyusun rencana aksi. “Jadi dengan kegiatan ini seluruh gugus tugas dapat melihat apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi Kendari sebagai KLA,” imbuh Sapri.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra mengatakan
Kementerian PPPA telah mendesain dan menyosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan. Desain itu tertuang dalam kebijakan Kota Layak Anak yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan hak-haknya dalam sebuah proses pembangunan berkelanjutan. “Tentunya dengan menciptakan lingkungan yang kondusif agar anak dapat hidup, tumbuh, berkembang serta berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat,” ujar Adriatma Dwi Putra. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top