Dorong Keterlibatan Masyarakat Awasi Pilgub Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Dorong Keterlibatan Masyarakat Awasi Pilgub Sultra

Bupati Busel Agus Feisal Hidayat (ke dua dari kanan), Kapolres Buton AKBP Andi Herman (ke dua dari kiri) bersama muspida saat menghadiri Rakor Panwaslu dengan stakeholder terkait perhelatan Pilgub, Pileg dan Pilpres di aula SMK Al Safitri Batauga jumat (24/11). Foto: Amel/Kendari Pos

KENDARIPS.CO.ID — Peran pengawasan menjadi elemen penting untuk menjamin suksesnya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) maupun Pemilu. Tak heran, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Buton Selatan (Busel) terus memperkuat perangkat pengawasan jelang pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra 2018 dan Pemilu 2019. Tidak hanya diinternal lembaga pengawasan, Panwaslu Busel mulai gencar merangkul berbagai pihak turut serta mengawasi pesta demokrasi lima tahunan ini.

Koordinator Devisi SDM Panwaslu Busel, Jumadi mengatakan temuan pelanggaran dan kecurangan pada setiap Pemilu kerap terjadi. Untuk itulah, perlu upaya yang masif untuk mencegah hal ini terus terulang. Makanya, Panwas terus berusaha memperkuat perangkat pengawasan. Upaya ini tak lain untuk meminimalisir berbagai potensi pelanggaran dalam gelaran Pilkada serentak dan Pemilu mendatang.

“Kita akan dorong keterlibatan masyarakat dalam mengawasi Pilgub dan Pemilu mendatang. Dengan begitu, semua pihak bisa memahami arti pentingnya Pilgub sehingga bisa berjalan sukses, lancar dan Jurdil,” kata Jumadi saat rapat koordinasi (Rakor) Panwaslu dengan stakeholder terkait perhelatan Pilgub, Pileg dan Pilpres di aula SMK Al Safitri Bataugan, jumat (24/11).

Untuk mengoptimalkan kerja-kerja pengawasan, Panwaslu berharap dukungan dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Busel, kepolisian, masyarakat dan instansi terkait lainnya. Dengan hadirnya semua pihak, potensi kerawanan yang dinilai akan menghambat kelancaran Pilgub dan Pemilu di Busel bisa diminimalisir.

“Fokus pembahasan Rakor ini menitikberatkan pada upaya pengawasan, pencegahan dan penanganan pelanggaran Pemilu. Forum ini bisa menjadi wadah berbagi ilmu serta pengalamn tentang upaya penanganan pelanggaran,” kata Jumadi.

Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap sinergitas dan koordinasi antara lembaga bisa dimaksimalkan. Komunikasi yang baik antara pemerintah dengan seluruh jajaran Stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat dapat menjaga stabilitas politik dan menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Rakor ini merupakan salah satu sarana untuk kita menyatukan persepsi, agar semua pihak terkait bisa secara bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilgub, Pilcaleg dan Pilpres khususnya di Busel,” ujar Ketua PDI-P Busel.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolres Buton AKBP Andi Herman, Ketua KPU Busel La Ode Masrizal mas’ud, perwakilan Kejari Kasipidum Hamrullah, asat reskrim Baubau AKP Diki Kurniawan, Kapolsek se-Busel dan jajaran pejabat Pemkab Busel. Selain instansi terkait, sejumlah perwakilan tokoh masyarakat ikut ambil bagian. (b/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top