Tabungan Sehat, Mudahkan Bayar Tunggakan JKN-KIS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Tabungan Sehat, Mudahkan Bayar Tunggakan JKN-KIS

Proses pelayanan di BPJS Kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Kini masyarakat Sultra makin dimudahkan dalam membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pasalnya, program Tabungan Sehat yang digagas Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan dengan dukungan penuh Bank Negara Indonesia (BNI) resmi hadir dengan metode yang tak kalah simpel.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso, mengapresiasi langkah BNI yang ikut memberi support atas program JKN-KIS. Via Tabungan Sehat, ia harap seluruh peserta khususnya yang punya tunggakan iuran bisa lebih mudah menyelesaikan kewajiban. Langkah BNI sejalan dengan strategi BPJS Kesehatan untuk keberlangsungan finansial, diantaranya menaikkan kolektabilitas iuran peserta sekaligus kepastian dan kemudahan membayar iuran.

Beber Kemal, saat ini terdapat peserta JKN-KIS yang sudah menunggak cukup banyak. Makanya BPJS Kesehatan terus mengingatkan agar peserta segera memenuhi kewajiban baik secara langsung maupun lewat kader JKN. “Alhasil, cukup banyak peserta yang berniat melunasi tunggakan. Namun ada sebagian peserta yang tidak mampu melunasi sekaligus. Olehnya, melalui inovasi produk perbankan Tabungan Sehat, diharap dapat menjadi solusi. Dengan begitu, pelayanan kesehatan tak bakal menemui hambatan,” ujarnya.

Adapun mekanisme program angsuran Tabungan Sehat sangat simpel. Pertama, peserta cukup datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa KTP, KK, Kartu JKN-KIS dan setoran awal Rp 100 ribu. Oleh petugas BNI, bakal diberi gambaran jumlah iuran bulanan yang harus disetor sesuai dengan jumlah tunggakan dan jangka waktu yang diinginkan. Setelah menentukan jumlah setoran dan jangka waktu, peserta mengisi form autodebet pembayaran iuran BPJS Kesehatan. “Untuk setoran selanjutnya bisa melalui Agen BNI 46 terdekat di seluruh Indonesia ataupun ke BNI terdekat. Saldo peserta tidak akan didebet sebelum memenuhi jumlah yang ditentukan,” tambahnya.

Kemal meyakini, produk ini adalah langkah awal untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat terhadap layanan keuangan perbankan. Dimana, ke depannya akan ada layanan-layanan keuangan lain yang bisa disinergikan antara BPJS Kesehatan dengan BNI juga bank-bank lain dalam mendukung program JKN-KIS.

Pihaknya juga mengimbau peserta untuk tetap rutin membayar iuran dan demi menghindari lupa bayar iuran maka beberapa bank sengaja digaet untuk mekanisme autodebet. Sejak awal, salah satu trigger yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan adalah dengan mensyaratkan calon peserta kelas satu dan dua untuk memiliki rekening tabungan, untuk mudahkan autodebet ataupun layanan perbankan lainnya.

Selain Tabungan Sehat, di waktu yang sama, untuk mendongkrak kemudahan akses pembayaran iuran dengan mekanisme Payment Point Online Banking (PPOB), BPJS Kesehatan juga menggandeng GO-JEK Indonesia, CT Corp, OVO dan OY Indonesia.

“BPJS Kesehatan mengucapkan terima kasih atas insiatif GO-JEK Indonesia yang telah mendukung Program JKN-KIS. GO-JEK adalah salah satu perusahaan teknologi yang memiliki jangkauan pasar yang luas. Sinergi dengan GO-JEK  ini diharapkan dapat kian memudahkan masyarakat, terutama peserta JKN-KIS lewat fitur GO-BILLS dalam aplikasi GO-JEK, peserta JKN-KIS dapat membayar iuran JKN-KIS kapan pun dan dimana pun,” urainya lagi.

Selain itu, ia juga mengapresiasi langkah CT Corp, OVO dan OY Indonesia yang telah membuka channel pembayaran iuran bagi peserta JKN-KIS. Selain chanel pembayaran, juga akan mengembangkan layanan perluasan kepesertaan dengan skema pendaftaran dan pemberian manfaat tambahan bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Saat ini, jumlah titik pembayaran iuran JKN-KIS sudah lebih dari 600 ribu titik. Dengan berbagai kemudahan, kami harap animo peserta di berbagai daerah untuk bayar iuran tepat waktu dapat meningkat, sehingga sustainibilitas program JKN-KIS terus terjaga,” harapnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top