Sukseskan Pilgub Sultra dan Pemilu 2019, Wabup Mubar Ajak Semua Pihak Berperan Aktif – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Sukseskan Pilgub Sultra dan Pemilu 2019, Wabup Mubar Ajak Semua Pihak Berperan Aktif

Wakil Bupati (Wabup) Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani bersama Panwaslu, KPU Mubar dan instansi terkait saat menghadiri Rakor Rakor pengawasan partisipatif, Kamis (23/11). Foto: Yafruddin Yadi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tersisa kurang dari setahun lagi. Untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan, Wakil Bupati (Wabup) Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani menghimbau semua pihak untuk berperan aktif. Pasalnya, hasil Pilgub Sultra tahun 2018 mendatang akan menjadi penentu nasib masyarakat Sultra khususnya Mubar lima tahun kedepan.

Mantan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar ini menjelaskan pada hakikatnya Pilgub dan Pemilu merupakan proses ketika rakyat sebagai pemegang kedaulatan memberikan mandat kepada para calon pemimpin. Makanya, penyelenggara dan pengawas Pemilu mengemban tanggung jawab besar agar pelaksanaannya berjalan lancar. Tidak hanya memastikan keikutsertaan masyarakat namun juga mengantisipasi pelanggaran dan kecurangan.

“Namun dengan keterbatasan personil, upaya pengawasan harus mendapat dukungan semua pihak. Salah satunya dengan mengoptimalkan pengawasan partisipatif pada Pilgub maupun Pilcaleg dan Pilpres. Untuk itulah harus dibangun komunikasi antara lembaga maupun masyarakat,” kata Achmad Lamani saat membuka Rakor pengawasan partisipatif pada Pilgub, pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD serta Pilpres 2019, Kamis (23/11).

Ketua Panwaslu Mubar, LM Yasri mengatakan Pemilu itu sangat penting. Sebab Pemilu adalah pengejewantahan sistem demokrasi, melalui pemilihan umum rakyat memilih wakilnya untuk duduk dalam parlemen dan dalam struktur pemerintahan. Dengan sosialisasi ini, masyarakat maupun pemilih pemula bisa memperoleh pengetahuan baru terkait fungsi dari pengawasan Pemilu. “Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi jembatan untuk penyebarluasan informasi dari Panwaslu pada masyarakat,” katanya.

Kasat intel Polres Muna, Iptu Kahar Kaendo menekankan pada tindakan agar mengantisipasi pelaksanaan masa kampanye pada bulan ramadhan. Ia menilai kondisi seperti ini menjadi celah masuknya tindakan money politik. Untuk itulah, ia meminta pada unsur penyelenggara agar menjadikan persoalan ini menjadi perhatian khusus.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar Al Munardin mengungkapkan, tanggung jawab kedaulatan rakyat bukan hanya ada di tangan KPU dan Bawaslu tapi seluruh stakeholder. Makanya, dalam pelaksanaannya ia mengharapkan keterlibatan seluruh unsur stakeholder untuk melahirkan demokrasi yang baik. “Saya kira ini tanggung jawab semua pihak. Bila kita semua terlibat, secara otomatis penyelenggaraan Pilgu maupun Pemilu mendatang bisa berjalan sesuai yang diinginkan,” pungkasnya. (b/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top