Nur Alim Ingatkan Alumni Jaga Akhlak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Nur Alim Ingatkan Alumni Jaga Akhlak

Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos
Wisudawan/wisudawati terbaik IAIN Kendari berfoto bersama pejabat lingkup IAIN Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 375 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengikuti wisuda di Auditorium IAIN kemarin (23/11). Mereka menjadi wisudawan angkata ke III setelah transformasi STAIN Kendari menjadi IAIN Kendari. Para alumni berasal dari empat fakultas dan program pascasarjana. Keempat fakultas itu adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 211 orang, Fakultas Syariah 53 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah 26 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (53 orang) dan pascasarjana 932 orang.

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd., mewakili jajaran pimpinan kampus mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah sukses meraih gelarnya masing-masing, sebagai sarjana dan magister. Tentu, keberhasilan tersebut diraih dengan jerih payah dan melalui proses yang panjang disertai berbagai ujian, cobaan, dan tantangan.

“Semoga ilmu, pengalaman dan keteramplan yang diperoleh selama studi mampu menyonsong kehidupan lebih baik. Dan kami berpesan agar senantiasa menjaga akhlak karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai islam dimanapun berkiprah,” pesannya kepada ratusan wisudawan-wisudawati.

Menurut Nur Alim, dengan akhlak tersebut sejatinya mengantarkan IAIN tegak dan tanpa akhlak akan rusak. Olehnya, para wisudawan yang akan berkiprah di dunia luar tetaplah menjaga nama baik IAIN Kendari. Karena apapun yang dilakukan adalah sebagai alumni IAIN. Apalagi, dengan selalu menanamkan akhlak tersebut di dalam jiwa.

Nah, sejatinya wisuda bukanlah merupakan puncak dari proses pendidikan di perguruan tinggi. Wisuda bukanlah segala-galanya dalam konteks belajar sepanjang hayat (long life education). Sebab, manusia adalah makhluk pembelajar. Olehnya, besar harapan yang lulus sarjana dapat meneruskan ke jenjang magister, dan yang lulus magister dapat melanjutkan ke jenjang doktor untuk mengembangkan ilmunya lebih jauh untuk memeroleh derajat mulia disini Allah SWT.

Sementara itu, dari total jumlah wisudawan tersebut pihak kampus memberikan apresiasi kepada lima wisudawan terbaik. Mereka adalah Aris Armeth Daud Al Kahar, S.Pd., sebagai lulusan terbaik Progam S1 dengan IPK 3.83. Kemudian, wisudawan dengan IPK tertinggi adalah Erna Kurniawati, S.Sos., dan Hayani, S.Sos. Juga wisudawan inspiratif diberikan kepada Aswar P, SH. Adapun wisudawan termuda adalah Muh. Salim, SE. Dan lulusan terbaik pascasarjana diraih oleh Hasniran, M.Pdi.

“Jangan puas diri karena IPK tidak menjamin cepat mendapatkan pekerjaan karena untuk sukses diperlukan komunikasi yang baik, kejujuran dan integritas. Dan untuk lulusan terbaik dan IPK tertinggi untuk melanjutkan ke pasacasarjana IAIN (bebas biaya SPP dan BPP selalma satu tahu/dua semester),” ucapnya.

Di samping itu, ia juga bersyukur atas kepercayaan masyarakat Sultra khusunya yang telah melanjutkan studi di perguruan tinggi islam di Sultra ini. Kata dia, setiap tahunnya IAIN mengalami peningkata peminat, semakin tinggi. Pada 2017 saja, kampus menerima baru sebanyak 1.152 orang pada program S1 dan 67 orang pada program magister (S2). Juga, di tahun ini menerima mahasiswa baru dari Thailand sebanyak enam orang.

Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata melalui Karo Kesra Pemprov Sultra, melalui Karo Kesra Pemprov Muhammad Arfah mengaku bangga dengan wisudawan IAIN. “IAIN Kendari menjadi perguruan tinggi negeri Islam satu-satunya yang ada di Sultra ini. Tentu kecerdasan spritual, emosional dan intelektual yang dimiliki. Dan dunia kerja di era MEA menjadi kompetisi yang harus ditaklukkan, kalau tidak menjadi penonton,” tandasnya. (wan/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top