Desakan Setnov Mundur Terus Bergulir – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Desakan Setnov Mundur Terus Bergulir

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Lukman Edy mengatakan kasus Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto harus menjadi prioritas Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Lukman mendukung langkah MKD yang akan tetap memproses Novanto meskipun Partai Golongan Karya (Golkar) menyatakan tidak akan menggantinya dari posisi ketua DPR.

“Itu lebih baik. Selalu saya katakan hormati mekanisme internal Partai Golkar, tetapi Partai Golkar juga harus menghormati mekanisme internal yang ada di DPR,” kata Lukman di gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/11).

Wakil ketua Komisi II DPR itu menuturkan meskipun pergantian itu kewenangan internal Golkar, namun DPR tidak tergantung sepenuhnya pada apa yang menjadi mekanisme di partai beringin. “DPR sekali lagi tidak tergantung sepenuhnya terhadap sikap maupun proses yang ada di internal Golkar,” ujar Lukman.

Karena itu, Lukman menegaskan, masalah ini harus menjadi priorotas MKD sekarang. “Saya kira ini harus menjadi prioritas. Terserah seperti apa keputusan MKD,” ujarnya.

Lukman mendorong MKD harus segera rapat membahas persoalan ini. Kalau tidak, tegas Lukman, sama saja MKD tak responsif atas segala persoalan yang terjadi. “Sementara sudah menjadi isu publik yang bukan hanya terjadi di internal DPR tetapi juga sudah secara nasional,” paparnya.

Dia mengatakan MKD tidak perlu lagi rapat konsultasi dengan mengundang fraksi yang ada di DPR. Rapat konsultasi itu hanya boleh dilakukan oleh pimpinan DPR dengan mengundang fraksi. “Sudah, rapat internal MKD saja. Orang kewenangan sudah diberikan oleh UU MD3 kok, ngapain ada rapat-rapat konsultasi,” ujarnya.

Selain kewenangan yang diberi UU MD3, Lukman mengingatkan bahwa orang-orang yang ada di MKD juga sudah merupakan perwakilan atau utusan dari berbagai fraksi yang ada di DPR. “Ya sudah, ngapain pakai rapat-rapat konsultasi lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, MKD gagal mengumpulkan senua pimpinan fraksi untuk menggelar rapat konsultasi membahas posisi Setya Novanto yang kini sudah mendekam di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Timur cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Novanto yang sudah berstatus tersangka korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) itu masih tetap bertahan sebagai ketua DPR. Sisi lain, Novanto juga tidak ingin melepaskan jabatan ketua umum Golkar.

Desakan kepada Partai Golkar agar mengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR yang berstatus tahanan kasus korupsi e-KTP di KPK terus mengalir. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi mengatakan status ketua DPR yang menjadi tahanan KPK sangat memengaruhi kredibilitas dan citra parlemen.

Menurut dia, status Novanto sebagai ketum Golkar juga melekat jabatan ketua DPR. “Maka dari itu, meskipun pergantian ketua DPR merupakan kewenangan Golkar, PPP berharap persoalan di internal Golkar tidak sampai mengganggu kredibilitas lembaga negara,” kata Baidowi.

PPP menghormati hak politik masing-masing partai dalam bersikap. Namun, menurut Baidowi, kredibilitas lembaga perlu diutamakan. Apalagi, saat ini DPR sedang disorot publik bahkan secara langsung sudah banyak yang menyerang personal Novanto. “Setidaknya Golkar patut memprioritaskan kepentingan negara yakni menjaga kredibilitas dan citra lembaga,” ujar Baidowi.

Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan, partainya menyerahkan pergantian ketua DPR kepada Golkar. “Ya tergantung bagaimana mekanismenya, kalau mereka cepat memproses kan ada pergantian yang bisa dilaksanakan,” kata Andreas di gedung DPR, Jakarta.

Dia mengatakan, tidak adanya Novanto tak mengganggu kinerja DPR. Sebab, pimpinan DPR yang lain masih ada. “Tidak ada ketua juga masih jalan DPR ini,” ungkap anak buah Megawati Seokarnoputri di PDI Perjuangan itu.(boy/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top