Verifikasi Parpol, KPU Koltim Temukan 368 Keanggotaan Ganda – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Verifikasi Parpol, KPU Koltim Temukan 368 Keanggotaan Ganda

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil penelitian administrasi masih menyisakan “pekerjaan rumah” bagi partai politik (Parpol). Dari hasil verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim), masih banyak ditemukan keanggotaan ganda. Temukan keanggotaan ganda ini tidak hanya di internal Parpol namun juga lintas Parpol.

Komisioner KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi mengatakan masih banyak dokumen Parpol yang harus diperbaiki. Berdasarkan hasil pemetaan masalah, KPU menemukan 368 keanggotaan ganda. Temuan ini ditemukan di 12 Parpol yang mendaftar di KPU Koltim. “Untuk memastikan hal itu, KPU akan turun di lapangan. Kami akan mengkroscek data kenggotaan dan kepengurusan Parpol. Namun sebelumnya, Parpol diberikan waktu melakukan perbaikan berkas,” jelas koordinator devisi Hukum KPU Koltim ini, Rabu (22/11).

Selain keanggotaan ganda, KPU menemukan adanya ada anggota Parpol yang diduga berstatus ASN, BUMD, kepala desa, TNI-Polri hingga anak yang masih dibawah umur. Ia merinci temuan anggota Parpol yang disinyalir TNI, Polri dan ASN sebanyak 32 orang dengan satu orang mantan kepala desa (Kades). Namun setelah dikroscek dan diklarifikasi, anggota Parpol yang berstatus TNI, Polri dan ASN ternyata sudah lama pensiun.

“Dalam melakukan verifikasi, KPU Koltim akan turun bersama Panwas. Kami akan menanyakan keanggotaan mereka di Parpol. Nantinya, kami akan menyodorkan surat pernyataan apakah memang anggota Parpol atau bukan. Bila terdaftar di dua Parpol, maka mereka harus memilih partai yang mana,” jelas Adly. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top