Surunuddin Tantang Lurah di Konsel Tingkatkan Kinerja – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Surunuddin Tantang Lurah di Konsel Tingkatkan Kinerja

KAMALUDDIN/KENDARI
Suasana rapat kelurahan yang dipimpin Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kanan), rabu (22/11)

KENDARIPOS.CO.ID — Penguatan terhadap aparaturnya agar dapat meningkatkan kinerja selalu dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), mulai dari tingkat satuan kerja perangkat daerah (SKPD), camat, lurah hingga kepala desa. Usai mengumpul para camat pada awal pekan ini, Rabu (22/11) menjadi giliran para lurah diajak berdiskusi untuk memaksimalkan program kerja ke depan.

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga itu membahas peningkatan program unggulan masing masing kelurahan. Konsel-1 ini menekankan pada para lurah agar membuat program unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat, juga dapat mengorganisir kelompok pemuda yang ada untuk turut andil dalam menyukseskan program kelurahan.

“Jadi bukan hanya desa, tapi lurah juga harus kreatif dan berinovasi,” tantang Bupati Konsel, rabu (22/11). Suami Hj. Nurlin Surunuddin ini juga mengharapkan agar lurah mengaktifkan taman baca dan lokasi bermain bagi anak-anak di wilayahnya. Di samping itu juga membuat dan mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan asri. “Jadi di kampung itu harus bersih dan mempunyai nilai estetika yang baik. Buat taman baca dan taman bermain supaya bisa mencerminkan kelurahan bersih dan nyaman,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel tersebut juga memerintahkan lurah untuk mendorong pemanfaatan lahan tidur masyarakat agar menjadi produktif. “Juga pemberdayaan ibu PKK di kelurahan agar lebih aktif dalam berkontribusi membangun kelurahan dan daerah,” pintanya. Untuk mendukung pelaksanaan program program di kelurahan, Pemkab akan menambah anggaran hingga Rp 30 juta. Sebelumnya anggaran kelurahan sudah mencapai Rp 150 juta.

“Di Konsel ada 15 kelurahan. Nah, dengan bertambah Rp 30 juta anggaran kelurahan berarti totalnya Rp 180 juta. Saya harap dana ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam membuat program berkualitas,” pinta Surunuddin.

Arahan lainnya, terkait efisiensi penggunaan anggaran. “Jangan melakukan pemborosan dalam merencanakan anggaran seperti alokasi makan minum dan kegiatan penyediaan administrasi perkantoran. Karena saya lihat ada salah satu kecamatan yang anggaran makan minumnya hampir Rp 100 juta, inikan pemborosan. Termasuk menjadikan alasan membiayai kunjungan bupati. Saya tegaskan bupati berkunjung ke kecamatan membawa rumah tangga dan ada anggaran untuk membiayai kunjungan tersebut,” tegasnya lagi.

Olehnya, tambah politisi Golkar ini, lurah harus fokus pada program kegiatan yang membantu masyarakat. Salah satunya, renovasi rumah kumuh. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top