Polres Buton Amankan 680 Liter Arak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Polres Buton Amankan 680 Liter Arak

Arak yang disita Polres Buton.

KENDARIPOS.CO.ID — Produksi minuman keras (miras) tradisional di wilayah hukum Polres Buton cukup tinggi. Indikatornya, baru-baru ini polisi mengamankan miras trasidional jenis arak lebih dari 680 liter. Minuman haram dalam 34 jerigen kapasitas 20 liter tersebut disita Satres Narkoba Polres Buton dari delapan titik di Desa Wangu-wangu, Kecamatan Pasarwajo, Buton.

Kasatres Narkoba Polres Buton, Iptu Najamuddin mengatakan sebelum melakukan razia, pihaknya sudah lebih dulu menerima laporan dari masyarakat jika di Desa Wangu-wangu kerap menjadi pusat peredaran arak di Buton. Informasi itu diperoleh setelah sebelumnya Polres Buton melakukan operasi cipta kondisi yang digelar serentak. “Hasil pengembangan atas laporan itu, kita dapatkan di delapan tempat kejadian perkata (TKP) jenis arak dengan total 680 liter. Miras tersebut siap edar dan diamankan dirumah-rumah warga,” ujar Najamuddin, Rabu (22/11).

Dari hasil penelusuran, diketahui jika arak siap edar tersebut berasal dari penyulingan miras di pedalaman hutan Wangu-wangu. “Pengakuan orang yang biasa bawah arak itu, katanya ia mengambil arak itu dengan berjalan kaki hingga dua jam lebih, baru tiba dirumah tempat penjualan arak itu,” ungkapnya.

Najamuddin berkomitmen menutup tempat peredaran miras tanpa izin di tanah Buton. Pihaknya terus mengembangkan temuan ratusan liter miras itu guna menemukan tempat penyulingan arak yang disinyalir beroperasi dalam hutan Wangu wangu tersebut. Sementara untuk delapan orang diduga pelaku peredaran miras, terancam hukuman tindak pidana ringan (Tipiring) berupa denda maksimal Rp 2 juta dan pidana kurungan paling lama dua bulan. Sedangkan untuk barang bukti puluhan jerigen miras tersebut telah diamankan di Mako Polres Buton.

Dijelaskannya, operasi kali ini mengawali operasi lilin tahun 2018 dan cipta kondisi anoa 2017 menjelang pemilihan Gubernur Sultra sesuai perintah langsung Kapolda Sultra. Tujuannya, agar pelaksanaan ibadah Natal dan masa liburan tahun baru 2018 serta pelaksanaan Pilgub berjalan aman.

Untuk diketahui Operasi Cipta Kondisi Anoa 2017 melibatkan personel gabungan terdiri dari Sat Narkoba, Sat Reskrim, Sat Intel dan Sat Sabhara yang di pimpin Kasat Narkoba Polres Buton, Iptu Najamuddin. Operasi digelar serentak mulai Rabu 22 November 2017 hingga awal tahun 2018. (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top