Petani Bawang di Butur Sulit Pasarkan Hasil Panen – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Petani Bawang di Butur Sulit Pasarkan Hasil Panen

As Sabran

KENDARIPOS.CO.ID — Petani bawang merah Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) di Kabupaten Buton Utara (Butur) mengalami kesulitan memasarkan hasil panen pertaniannya. Padahal hasil produksi sangat melimpah, bahkan mencapai dua ton. Kondisi akses transportasi darat yang rusak parah menjadi kendala utama petani memasarkan bawang di pasar-pasar tradisional. Petani setempat berharap, ada gerak cepat pemerintah dalam memberikan solusi agar bawang merah yang telah dipanen laku terjual dan tak rusak begitu saja.

Petani Bawang Merah Wakorut , La Mawan menuturkan, petani mengeluhkan kondisi jalan rusak parah berimbas terhadap sulitnya mereka mendagangkan hasil pertaniannya. “Lahan pertanian kami di daerah trans SP 1 Wakorut. Kurang lebih sekitar dua kilometer masuk ke dalam. Ruas jalannya sulit dilintasi kendaraan roda empat. Sehingga hasil pertanian bawang merah tak bisa dipasarkan dan dibawa ke pasar untuk dijual,” keluh La Mawan, Rabu (22/11).

Persoalan sulitnya petani memasarkan hasil panennya telah disampaikan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjut yang menggembirakan. “Bawang kami hanya didagangkan kepada tetangga. Sebanyak kurang lebih dua ton belum terjual,” sambung La Mawan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Butur, As Sabran yang dikonfirmasi mengakui, ada petani yang kesulitan memasarkan hasil pertaniannya. Pihaknya berjanji akan menampung bawang petani untuk dipasarkan ke Kota Kendari. “Kendala pemasaran karena persoalan ruas jalan yang rusak. Sehingga sulit dipasarkan. Saya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas PU terkait pembenahan jalan itu,” ujar As Sabran saat di temui di ruang kerjanya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top