Jembatan Teluk Kendari Dijatah Rp 157 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Jembatan Teluk Kendari Dijatah Rp 157 Miliar

Progres pembangunan Jembatan Teluk Kendari. Tiang pancang sudah tertancap ke dasar teluk. Tahun depan, pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran sekira Rp 157 miliar dalam postur APBN. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat kembali menyiapkan anggaran untuk kelanjutan pekerjaan Jembatan Teluk Kendari di tahun 2018. Dalam nomenklatur anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang include dalam anggaran Kementerian Pekerjaan Umum, jembatan yang digagas Gubernur Sultra nonaktif Nur Alam itu totalnya senilai Rp 157 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Nasir Andi Baso mengatakan pembangunan Jembatan Teluk sudah memiliki kontrak hingga tahun 2019. Olehnya itu dipastikan setiap tahunnya akan ada jatah anggaran pusat yang diporsikan untuk penuntasan jembatan yang menghubungkan Kota Lama dan Lapulu itu. “Tahun ini akan masuk alokasi anggaran Rp 157 miliar dari pemerintah pusat,” ujar Nasir Andi Baso, Rabu (22/11).

Pekerja proyek Jembatan teluk. Alat pelindung diri untuk para pekerja proyek bangunan harus benar-benar berkualitas agar meningkatkan produktivitas pekerja proyek konstruksi. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

Soal progres terbaru pengerjaan Jembatan Teluk, Nasir Andi Baso mengaku belum membahasnya dalam rapat evaluasi diakhir tahun ini. Namun, sejauh ini belum ada kendala yang dilaporkan oleh rekanan. Itu artinya, semua item pekerjaan berjalan on schedule (sesuai jadwal). “Kalau pekerjaan masih pondasi, karena itu termasuk pekerjaan inti juga. Sehingga memang butuh waktu agak lama. Tapi akan kita evaluasi lagi akhir tahun ini sudah sejauh mana (progres terbaru),” ungkap mantan Asisten II Setprov Sultra.

Mantan Pj Bupati Buton Utara itu menambahkan selain Jembatan Teluk, Pemprov Sultra kebagian dana Rp 50 miliar untuk penanganan Sungai Wanggu. Sebab, sungai itu kerap meluap di musim penghujan setiap tahun, sehingga menjadi prioritas dalam penanganan ancaman banjir. “Ada juga Rp 50 miliar untuk peningkatan kapasitas Sungai Wanggu. Tinggi tanggul sungai akan ditambah agar daya tampung airnya lebih besar,” pungkas mantan Kepala Inspektorat Sultra itu.

Untuk diketahui, Jembatan Teluk Kendari atau yang juga dikenal Jembatan Bahteramas dibangun sejak tahun 2015. Dalam kontrak kerja, pembangunan jembatan akan menelan anggaran Rp 700-an miliar. Ditarget tuntas 2019 mendatang. (ely/b)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top