Jalur Perseorangan Cukup Berat, KPU Sultra Beri Waktu 4 Hari Pendaftaran – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Jalur Perseorangan Cukup Berat, KPU Sultra Beri Waktu 4 Hari Pendaftaran

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan Wa Ode Nurhayati-Andre Darmawan harus bekerja lebih keras kalau ingin lolos dan bertarung di Pilgub Sultra, tahun depan. Sebab, syarat dukungan yang harus mereka kumpulkan cukup berat, yakni minimal mesti kantongi 170.825 KTP. Jumlah tersebut harus tersebar minimal di 9 kabupaten/kota di Sultra.

Tantangan mereka mengumpulkan KTP sebanyak itu sudah harus disetor di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. KPU Sultra resmi membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur 2018 yang menggunakan jalur perseorangan selama empat hari, mulai 22 hingga 26 November 2017. Pendaftaran dilakukan sesuai jam kerja, mulai pukul 08.00 Wota-16.00 Wita.

“Tidak ada perpanjang waktu,” ujar La Ode Abdul Natsir Muthalib, Komisioner KPU Sultra, rabu (22/11). Dia menjelaskan, jumlah dukungan calon perseorangan, minimal harus kumpulkan 170.825 KTP. “Dukungan itu, harus tersebar miniaml di 9 kabupaten/kota di Sultra,” jelasnya.

Bukan hanya itu, sejak 22 hingga 28 November 2017, KPU Sultra juga akan melakukan penelitian jumlah dukungan dan sebarannya. Termasuk mulai 22 November hingga 5 Desember akan meneliti administrasi dan dukungan paslon. Kalau tuntas di level provinsi, lanjut Ojo-sapaan akrabnya, selanjutnya akan disampaikan ke KPUD kabupaten/kota untuk verifikasi faktual.

“Verifikasinya sistem sensus, artinya akan mendatangi setiap orang yang ada dalam data dukungan,” katanya. Lebih jauh Ojo menjelaskan,
pasangan calon yang memang ingin mendaftar, pihaknya akan berikan username dan password guna mengakses aplikasi sistem pencalonan atau biasa disingkat Silon. Dalam aplikasi ini, paslon bisa memasukkan file dokumen dukungannya. “Semua sudah ada mekanismenya. Kalau ada paslon yang mendaftar, maka kita akan teliti dulu, setelah itu verifikasi faktual,” imbuhnya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top