Hado Hasina : Tanpa Izin Kendaraan, Grab Tak Bisa Beroperasi di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Hado Hasina : Tanpa Izin Kendaraan, Grab Tak Bisa Beroperasi di Sultra

Grab

KENDARIPOS.CO.ID — Grab, layanan moda transportasi berbasis daring dalam aplikasi di smartphone bukan saja konsumsi warga kota besar. Tahun depan, aplikasi itu akan merambah di wilayah Sultra, khususnya Kota Kendari. Kehadiran taksi online itu tentu menjadi kompetitor taksi konvensional. Agar tak menimbulkan polemik, Dishub Sultra menggelar rapat koordinasi pembahasan keberadaan taksi online dengan menghadirkan stakeholder. Termasuk pengurus Organda Sultra. Rencananya, awal 2018 Grab resmi beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina mengakui hal itu. Dikatakannya, aplikasi grab sudah mengantongi izin secara nasional. Sehingga di Sultra pun bisa beroperasi. Hanya saja, masih ada beberapa mekanisme yang harus dituntaskan yakni izin operasional setiap angkutan yang bergabung dengan grab itu. “Bedakan ya izin aplikasinya dengan izin kendaraannya. Kalau izin aplikasinya ini sudah nasional. Kalau izin kendaraannya, harus dikeluarkan oleh Dishub. Kalau tidak ada izin itu belum bisa beroperasi,” ujar Hado Hasina dalam rapat koordinasi keberadaan taksi online di wilayah Sultra yang digelar Dishub Sultra, Rabu (22/11).

Untuk mengantongi izin kendaraan dari Dishub, tidak bisa diurus perorangan. Sopir atau driver harus membuat perhimpunan minimal lima orang dan mereka akan disebut vendor. Vendor itu akan menggunakan izin dari pemerintah untuk bekerja sama dengan pihak grab.

Soal keberadaan taksi konvensional kata Hado tetap bisa melanjutkan aktivitasnya. Bahkan jika mau perusahaan taksi pun bisa bekerja sama dengan grab juga. “Sebab mereka juga adalah perhimpunan dan memenuhi syarat,” ungkap mantan Sekda Buton Utara tersebut.

Sementara itu, Zainal salah satu staf perusahaan grab pusat yang hadir dalam rapat koordinasi mengungkapkan pihaknya sudah mendapat restu dari pemerintah pusat untuk beroperasi. Sejauh ini sudah banyak driver yang siap bergabung. Tetapi harus mengurus izin dulu ke dinas terkait. “Kita punya waktu tiga bulan untuk menyiapkan semuanya, 4 Februari nanti sudah jalan. Kita sudah mulai siapkan vendor-vendornya,” ujarnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top