Guru SDN Lalowata Jadi Finalis ONIP Matematika 2017 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Guru SDN Lalowata Jadi Finalis ONIP Matematika 2017

Dokumen Pribadi
Edi Arham, M.Pd., menjadi pemakalah dalam seminar nasional pendidikan matematika yang dihelat P4TK Matematika tanggal 21-22 November di Yogyakarta.

KENDARIPOS.CO.ID — Edi Arham, M.Pd., salah seorang guru SDN Lalowata, Kecamatan Latoma Kabupaten Konawe, terpilih menjadi finalis Olimpiade nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika tahun 2017. Sebelum ditetapkan, Edi bersama 34 finalis lainnya harus bersaing dengan ratusan guru dari berbagai daerah di Indonesia tanggal 14-19 November lalu.

Melalui makalah yang berjudul Pengembangan Algamusi Balistik (Alat peraga multi fungsi bahan limbah plastik) untuk meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD pada materi pengolahan data, mantan wartawan lokal ini berhasil memukau tim penilai dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikn (P4TK) Matematika Yogyakarta. Edi pun didaulat menjadi salah satu pemakalah dalam seminar nasional pendidikan matematika (Sendimat) 2017 tanggal 21-22 November di Yogyakarta.

“Yang terpenting adalah bagaimana meramu metode belajar matematika pada siswa supaya lebih mudah dan tidak membosankan. Alhamdulillah cara ini ternyata efektif dan dinilai sangat layak oleh tim ONIP Matematika. Saat penutupan ONIP. Mendikbud, Muhadjir pun memberikan apresiasi karena alat peraga yang saya tampilkan berbahan baku kertas” terangnya melalui telepon selulernya, semalam.

Edi pun menuturkan bahwa sebelum menjadi pemakalah seminar pendidikan matematika, dirinya wajib mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) B 2in1 yang dilaksanakan P4TK Matematika. Sebelum mengikuti PKB ini, guru SDN 1 Lalowata ini pun harus berkompetisi dari ratusan guru di Indonesia dan hasilnya terjaring 40 guru, salah satunya adalah guru matematika ini.

Dalam senimar nasional pendidikan, Edi persentasikan makalah pengembangan media pembelajaran Ma Kokar (permainan koordinat kartesius) untuk meningkatkan pemahamn siswa dalam menentukan suatu titik pada sumbu koordinat kartesius. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top