28 Orang Kantongi Sertifikasi Panitia Lelang – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

28 Orang Kantongi Sertifikasi Panitia Lelang

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bimbingan teknis, pelatihan dan sertifikasi pelaku pengadaan barang dan jasa lingkup Sultra sukses digelar. Sekira 28 orang dari 70 peserta dinyatakan berkompeten dan berhak mengantongi sertifikat sebagai pelaku pengadaan yang kompetitif. Kini Sultra sudah memiliki kurang lebih 100 staf pengadaan barang dan jasa. Jumlah itu dinilai sudah memenuhi standar sebagai panitia lelang dalam menangani ratusan paket lelang proyek pemerintah setiap tahunnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Rony Yakob. Mantan Pj. Bupati Muna Barat ini mengatakan lulusnya 28 orang itu membuat Sultra panen pujian dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat. Sebab, Pemprov Sultra memiliki jumlah peserta lulus terbanyak. “28 orang itu sudah sangat banyak. Daerah lain di bawah 20 orang. Ini patut kita syukuri,” ujar Rony Yakob, Rabu (22/11).

Rony memastikan perekrutan pelaku pengadaan itu bersih dari praktik KKN. Selain tim pengujinya dari pusat, proses ujiannya juga menerpkan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sehingga tidak ada manipulasi nilai yang bisa dilakukan panitia. “Begitu ujian selesai, nilainya langsung keluar. Jadi benar-benar sesuai kemampuan mereka (peserta ujian sertifikasi). Sebelum ujian kita berikan bimbingan dan pelatihan lebih dulu. Ada juga yang langsung ikut ujian, karena mereka sudah pernah ikut pelatihan hanya belum lulus tahun lalu,” ungkap Rony.

Mulai tahun ini, peserta yang dinyatakan lulus sudah bisa terlibat dalam proses lelang paket proyek pengadaan barang dan jasa. Sebab sertifikat sudah dikeluarkan oleh LKPP sebagai syarat utama sebagai panitia lelang. “28 orang ini besok (hari ini-red) kita brainstorming lagi, mereka akan kita pertemukan dengan pakar-pakar hukum untuk mendapat penguatan-penguatan agar tidak takut dalam menjalankan tugas nantinya,” katanya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top