Parkir Nontunai Segera Diberlakukan di Kendari – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Parkir Nontunai Segera Diberlakukan di Kendari

Ilustrasi Parkir Nontunai

KENDARIPOS.CO.ID — Pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kendari dan pelabuhan Bungkutoko tak perlu repot lagi menyiapkan duit receh untuk membayar jasa parkir. Cukup sekali gesek menggunakan kartu khusus yang di dalamnya sudah terdapat saldo, maka jasa parkir terbayar. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari menyebutnya parkir nontunai.

Dalam waktu BP2RD akan launching penerapan parkir jasa nontunai di dua tempat tersebut. Kepala BP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar menjelaskan transaksi nontunai didedikasikan untuk menghilangkan praktik pungutan liar (Pungli). Begitu pula dalam jasa parkir.

“Untuk pertama, kami berlakukan jasa parkir nontunai di RSUD Kota Kendari. Nanti menyusul di pelabuhan Bungkutoko. Launchingnya dalam waktu dekat kami lakukan. Saat ini masih berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang berpusat di Jakarta,” ujar Nahwa Umar, selasa (21/11).

Bagi pemegang kartu parkir nontunai tak perlu risau jika kehabisan saldo. Nahwa Umar merinci pemilik kartu cukup mengisi saldo melalui kartu ATM atau langsung ke loket parkir yang telah disediakan. “Kami bekerja sama dengan pihak BRI untuk proses pengisian saldo parkir nontunai di ATM-ATM BRI yang sudah banyak tersebar di Kota Kendari. Kartunya akan dibagikan langsung kepada petugas parkir yang berjaga di loket dan kartu itu bisa digunakan selamanya,” paparnya.

Nahwa Umar menjelaskan selain menguntungkan masyarakat dengan memberikan kemudahan, parkir nontunai tersebut sangat membantu Pemkot Kendari untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir. Dengan sistem itu, BP2RD dapat memonitor langsung pengelolaan parkir. “Masyarakat tidak perlu lagi membawa uang receh dan tentunya akan mengefisienkan waktu karena cukup menempelkan kartu dan parkir terbayar. PAD pun diperoleh secara maksimal. Ke depan jasa parkir nontunai ini akan diberlakukan di tempat-tempat parkir yang dikelola Pemkot, seperti mal dan pasar Baruga,” tukasnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top