Insentif Kegiatan Kini Dibayar Nontunai – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Insentif Kegiatan Kini Dibayar Nontunai

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah mengeluarkan surat edaran bernomor 910/1866/SJ tentang Implementasi Transaksi Nontunai. Mulai 1 Januari tahun 2018, surat edaran itu akan diberlakukan. Peredaran uang cash akan sangat jarang ditemukan dalam transaksi keuangan pemerintah. Demi implementasi yang maksimal, Pemprov Sultra sudah menerapkannya lebih dulu yakni sejak November ini. Itu diawali dengan pembayaran insentif kegiatan melalui rekening.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sultra, Saleh Lasata mengeluarkan Instruksi Gubernur Sultra Nomor 4 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Transaksi Nontunai. “Plt. Gubernur sudah menginstruksikan agar penerapan transaksi nontunai mulai bulan ini. Selama ini kan hanya gaji lewat rekening. Kini, insentif juga sudah dibayar nontunai. Tidak manual lagi,” ungkap Hj. Isma, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sultra, Selasa (21/11).

Pelaksanaan transaksi nontunai itu lanjut Hj. Isma meliputi pembayaran honor PNS maupun non PNS, dan juga honor dan insentif kegiatan. “Bahkan satu PNS bisa pakai dua rekening kalau mau. Satu rekening gaji dan satu rekening honor-honor kegiatan,” paparnya.  Hj. Isma berharap seluruh bendahara satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah memahami mekanisme transaksi nontunai ini. Bila tidak maka bisa meminta pendampingan dari pihak Bank Sultra sebagai mitra pemerintah dalam pengelolaan gaji dan insentif itu. “Ada aplikasi satuan kerja (Satker) yang sudah dibuat oleh Bank Sultra, tinggal diinput saja,” imbuhnya.

Soal manfaat, model transaksi tak tunai itu secara otomatis dapat memudahkan dalam menghitung aktivitas ekonomi. Termasuk juga dalam pelaporan keuangan daerah. Sebagai informasi, transaksi nontunai juga mendukung implementasi Inpres Nomor 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. “Tidak ada cela mau dikorupsi karena semuanya ada bukti transaksi yang tidak bisa dimanipulasi,” pungkas Hj. Isma. (ely/b)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top