Aksesibilitas Wakatobi Masih Jadi Kendala – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Aksesibilitas Wakatobi Masih Jadi Kendala

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak keluhan yang datang dari para wisatawan domestik maupun mancanegara terkait aksesibilitas di Kabupaten Wakatobi. Padahal sebagai daerah wisata, harusnya Wakatobi dapat membuka akses dengan mudah untuk mendatangkan para pelancong tersebut. Selain aksesibilitas, ada beberapa hal yang menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah kabupaten (Pemkab). Termasuk amenitas terkait industri pariwisata antara lain akomodasi, kuliner, handycraft atau kerajinan buatan tangan masyarakat setempat dan lainnya.

“Ini merupakan pekerjaan besar bagi Pemkab Wakatobi,” ungkap Bupati, H. Arhawi, selasa (21/11). Ia menuturkan, saat ini saja tak hanya wisatawan melainkan masyarakat lokal masih merasakan betapa sulitnya Wakatobi diakses melalui udara. Tentu ini menjadi tantangan ke depan. “Kita bisa merasakan saat ini masih sulit daerah kita diakses melalui udara,” ulangnya, menegaskan.

Apalagi jika ada event besar dihelat di daerah. Seperti halnya yang terselenggara belum lama ini, yakni Wakatobi Wave. Arhawi mengaku masih banyak tamu dan pengunjung yang hendak ke Wakatobi menghadiri acara tersebut namun terpaksa membatalkannya. “Itu karena sulitnya akses udara ke Wakatobi,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, saat ini daerah yang telah dijadikan sebagai kabupaten maritim ini hanya memiliki satu kali jadwal penerbangan setiap hari. Sehingga tidak heran jika aksesibilitas masih menjadi tantangan tersendiri bagi daerah yang kaya akan objek wisata tersebut. Kendati demikian, Pemkab Wakatobi bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, memasuki bulan Desember ini, pemerintah dan maskapai penerbangan Garuda telah menandatangani kerja sama.

Menurut Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu, rencana penerbangan Garuda akan dimulai tanggal 2 Desember mendatang. “Dengan penerbangan empat kali seminggu. Jadi bulan Desember ini selain Wings Air, Garuda juga sudah masuk di Wakatobi,” ujarnya belum lama ini. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top