Poltekkes Kemenkes Kendari Terapkan KBK – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Poltekkes Kemenkes Kendari Terapkan KBK

Direktur Poltekkes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes., saat membuka Workshop Pengembangan Kurikulum Poltekkes Kemenkes Kendari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan untuk Menjawab Visi Misi Poltekkes Kemenkes Kendari, tanggal 17-18 November lalu di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Humas Poltekkes Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Kurikulum ibarat kompas penunjuk arah. Tanpa kurikulum yang tepat, sebuah institusi pendidikan ibarat kapal yang terombang-ambing di laut lepas, tanpa arah. Bakal seperti apa lulusannya. Itu pertanyaan besar yang akhirnya jadi sumber motivasi bagi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari, hingga menetapkan hati pada penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang hakiki. Tidak muluk-muluk, kualitas jebolan harus terjamin.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, SKM.,M.Kes., mengatakan, penerapan sistem KBK harus disiapkan secara matang. Makanya, seluruh tenaga pengajar aktif dihimpun demi menerima materi. Tepatnya dalam workshop penyusunan KBK, metode perumusan desain pembelajaran untuk seluruh mata kuliah dibagikan. Ini meliputi penyusunan kontrak perkuliahan, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai bahan ajar dan evaluasi hasil belajar yang paling teknis.

“Memang sudah diterapkan namun selama ini semua perangkat masih belum sesuai dengan sistem KBK. Adapun kekurangan tersebut banyak terjadi di tingkat pengajar. Makanya sekarang kami permantap dengan pola yang matang,” ungkapnya.

Ia tegaskan, semua memang harus total menjalankan sistem KBK karena kualitas lulusan jadi taruhannya. Apalagi era pasar bebas menuntut lulusan perguruan tinggi harus punya kompetensi yang selevel dengan tenaga kerja profesional. Ini ditetapkan lewat Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang sudah disahkan melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 dan mulai berlaku tanggal 17 Januari 2012.

Workshop penajaman skill KBK sejatinya membawa misi peningkatkan mutu program studi dan lulusan sesuai standar KKNI yang akhirnya mampu mencetak lulusan profesional. “Poltekkes Kemenkes Kendari sangat optimis, mampu menerapkan KBK secara maksimal,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top