Dukungan Demokrat Tuntas di Tiga Pilkada – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Dukungan Demokrat Tuntas di Tiga Pilkada

Muhammad Endang

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Demokrat telah menentukan dukungan dalam tiga Pilkada 2018. Pada pemilihan bupati (Pilbup) Kolaka, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini telah resmi mengusung pasangan Ahmad Safei-Jayadin. Sementara di Konawe dan Kolaka, partai berlambang merci ini telah memberikan surat tugas pada Litanto-Murni Tombili dan Yusran-Ahmad.

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang mengatakan tahap penjaringan calon kepala daerah partai demokrat telah rampung. Di Kolaka, demokrat telah menyerahkan pintu pada calon petahana. Saat ini, pihaknya tinggal melakukan konsolidasi. Apalagi secara persyaratan, koalisi Ahmad Safei-Jayadin telah memenuhi syarat koalisi untuk maju sebagai pasangan calon (Paslon).

“Begitu dengan Pak Litanto (Konawe) dan Pak Yusran (Baubau). Keduanya telah menerima dukungan tapi masih dalam bentuk surat tugas. Kita harapkan dukungan Parpol lainnya dalam bentuk SK baru sehingga bisa kita SK-kan,” kata mantan Ketua DPRD Sultra ini saat dihubungi melalui telepon seluler senin (20/11).

Surat tugas kata Endang, tetap memiliki batas waktu. Namun bila melihat koalisi yang dibangun para kandidat, ia optimis calon yang telah mendapat surat tugas demokrat bisa tampil di Pilkada 2018. Di Konawe misalnya, Paslon Litanto-Murni Tombili telah mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Demikian juga Bapaslon Yusran-Ahmad yang telah mendapatkan rekomendasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sejauh ini, untuk Ahmad Safei-Jayadin telah mendapatkan SK rekomendasi dari PAN (4), PPP (3), Hanura (2), NasDem (2) dan PDIP (3). Sedangkan, Litanto-Murni Tombili telah mendapatkan surat tugas PDIP (4) dan Demokrat (2). Sementara itu, Yusran-Ahmad mendapatkan SK PKS (1), PPP (2) dan surat rekomendasi Demokrat (3).

Untuk diketahui, syarat minimal dukungan parpol untuk Kolaka adalah 6 kursi dari 30 kursi di DPRD Kolaka. Kemudian, untuk Pilbup Konawe membutuhkan 6 kursi juga dari 30 kursi di Konawe. Sedangkan, untuk di Pilwali Baubau harus mencukupi 5 kursi dari 25 kursi di Baubau. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top