BNNP Sultra Musnahkan Sabu Senilai Rp 151 Juta – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

BNNP Sultra Musnahkan Sabu Senilai Rp 151 Juta

Sebelum memusnahkan barang bukti sabu senilai Rp 151 juta, petugas BNNP Sultra menunjukkan sabu yang dikemas berbentuk lonjong kepada para awak media, Senin (20/11). Tampak tersangka kurir sabu jaringan internasional, VR (kiri) dihadirkan dalam pemusnahan sabu yang dibawanya namun tertangkap di Bandara Halu Oleo, beberapa waktu lalu. Foto: Adwin Barakati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Sulawesi Tenggara kembali memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu hasil tangkapannya. Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari. Barang bukti seberat 94,47 gram atau senilai Rp 151 juta lebih itu dimusnakan BNNP menggunakan alat incinerator.

Informasi yang dihimpun koran ini, harga sabu di pasaran bervariasi, bergantung beratnya. 1 gram sabu dibanderol Rp 1,6 juta. Jika harga 1 gram senilai Rp 1,6 juta dikalikan 94,47 gram maka sabu yang dimusnahkan, Senin (20/11) setara Rp 151 juta lebih.

Kepala BNNP Sultra, Brigen Bambang Priyambadha menyebutkan barang bukti sabu yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil  tangkapan personelnya belum lama ini dari tangan tersangka VR (18). Dari tangan kurir sabu jaringan internasional itu, diamankan sabu  seberat 104,47 gram. BNNP hanya memusnakan sebagian, karena menurut Brigjen Bambang, sebagiannya lagi akan digunakan jaksa sebagai barang bukti di pengadilan.

Mantan Wakapolda Sultra itu menuturkan pemusnahan sabu sengaja dilakukan untuk mencegah potensi penyalahgunaan barang bukti tersebut. “Yang kami musnakan ini, setelah mendapat penetapan dari kejaksaan dan pengadilan. Namun hanya sebagian kami musnahkan,” ungkap Brigjen Bambang Priyambadha, senin (20/11) sebelum memasukan sabu tersebut ke alat incinerator milik RSUD Kota Kendari.

Brigjen Bambang Priyambadha menjelaskan barang bukti sabu tersebut diamankan dari tersangka VR di Bandara Halu Oleo Kendari. Sebelum keluar bandara, VR ditangkap dan ditemukan sabu yang dimasukan ke dalam anusnya. Katanya, khusus proses hukum VR, penyidik di BNNP sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan kini dalam tahapan perampungan berkas. Setelah rampung, maka berkas akan dikirim ke kejaksaan untuk tindak lanjut proses penuntutan. “Kami sudah koordinasi dengan pihak Kejaksaan,”katanya

Dalam pemusnahan sabu, tersangka VR dihadirkan. Mengenakan kostum tahanan warna biru dan wajahnya disamarkan menggunakan masker. Pemusnahan juga disaksikan pihak Kejaksaan Negeri Kendari, Pengadilan Negeri Kendari dan pihak RSUD Kota Kendari. (ade/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top